Ahad 30 May 2021 13:25 WIB

Dinkes Kota Depok Jemput Bola Vaksinasi Lansia

Sentra vaksinasi Indonesia bangkit di RSUI juga menyediakan bus kuning jemput lansia.

Rep: Antara/ Red: Erik Purnama Putra
Sentra vaksinasi Covid-19 di Rumah Sakit Universitas Indonesia, Kota Depok, Jawa Barat.
Foto: ANTARA/Asprilla Dwi Adha
Sentra vaksinasi Covid-19 di Rumah Sakit Universitas Indonesia, Kota Depok, Jawa Barat.

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK -- Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok, Jawa Barat, melakukan jemput bola bagi lansia untuk mempercepat capaian vaksinasi bagi warga lanjut usia (lansia). "Untuk mempercepat capaian vaksinasi, pihak dinkes melakukan jemput bola bagi lansia di Kecamatan Cipayung," kata Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinkes Kota Depok, Umi Zakiyati di Kota Depok, Jawa Barat, Ahad (30/5).

Dia mengatakan, pelaksanaan vaksinasi massal tersebut berkolaborasi dengan Kecamatan Cipayung. Selain itu, juga bersinergi dengan Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Puskesmas Cipayung. "Kami bersinergi dengan pihak kecamatan dan puskesmas untuk pelaksanaan vaksinasi massal di kantor Kecamatan Cipayung," ujar Umi.

Dia menuturkan, dalam pelaksanaannya tetap menerapkan protokol kesehatan agar tidak terjadi penumpukan atau kerumunan massa. Umi berharap, dengan upaya yang dilakukan dapat meningkatkan cakupan vaksinasi lansia di Kota Depok. Tentunya sebagai langkah dalam menekan kasus Covid-19.

"Semoga dengan program ini dapat memudahkan lansia mendapatkan vaksinasi. Dengan begitu, upaya pencegahan Covid-19 dapat semakin optimal," kata Umi.

Sebelumnya, Sentra Vaksinasi Indonesia Bangkit di Rumah Sakit Universitas Indonesia (RSUI) juga menyediakan fasilitas transportasi berupa bus antar jemput yang dapat dimanfaatkan oleh warga lansia di kota Depok untuk melakukan vaksinasi di Sentra Vaksinasi Indonesia Bangkit, Kampus UI, Kota Depok.

Program antar jemput lansia itu dilakukan dengan bus kuning UI dan dibantu juga oleh mitra dari Blue Bird. Koordinator RSUI untuk Sentra Vaksinasi, Sukihananto, mengatakan, program itu diadakan untuk mempermudah warga lansia di kota Depok mendapatkan vaksinasi Covid-19. Dia mengatakan, belum semua warga lansia di kota Depok melakukan vaksinasi.

"Ddan keterbatasan kendaraan yang mereka miliki, maka adanya program ini diharapkan dapat mempermudah mereka datang ke RSUI untuk melakukan vaksinasi. Setiap hari kami jadwalkan untuk dua kecamatan. Setiap kecamatan akan disediakan dua unit bus yang akan menjemput dan mengantar kembali para lansia," kata Sukihananto.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement