Friday, 11 Rabiul Awwal 1444 / 07 October 2022

Puan: Perempuan Berkontribusi Besar Lestarikan Budaya Bangsa

Ahad 30 May 2021 09:14 WIB

Rep: Fauziah Mursid/ Red: Andi Nur Aminah

 Puan Maharani

Puan Maharani

Foto: Istimewa
Perempuan Indonesia dibesarkan dengan sarat budaya leluhur.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua DPR RI Puan Maharani mengatakan perempuan memiliki peran sentral dalam pelestarian budaya bangsa. Perempuan Indonesia kata Puan, dibesarkan oleh budaya leluhur sehingga memiliki tekad untuk melestarikannya.

Karenanya tidak mengejutkan jika dalam daftar Forbes 30 under 30 Asia yang dirilis tahun 2021 ini, sejumlah perempuan berprestasi memiliki minat yang tinggi terhadap pelestarian budaya, salah satunya adalah aktris Maudy Ayunda.

Baca Juga

Untuk itu, setidaknya ada dua bentuk peran yang dilakukan perempuan sebagai benteng budaya. “Pertama, sebagai agen budaya  perempuan memiliki peran sentral dan berkontribusi besar dalam menciptakan sekaligus mempertahankan pelestarian produk kebudayaan yang ada dalam masyarakat,” ujar Puan melalui keterangan tertulisnya, Ahad (30/5) saat membuka Pagelaran Wayang Kulit di TVRI, Senayan, Jakarta dalam rangka Peringatan Hari Kartini belum lama ini.

Menurut Puan, setiap perempuan harus memiliki kontribusi aktif dalam melestarikan budaya sebagai jati diri bangsa. Apalagi, kiprah perempuan dalam keluarga memiliki andil sangat berharga. Yakni selain memupuk nilai-nilai budaya kepada anak-anak dalam kehidupan sehari-hari. 

“Keluarga merupakan titik awal kehidupan seseorang. Nilai-nilai yang ditanamkan dalam keluarga akan turut membimbing hidup seseorang sepanjang hidupnya. Harapan saya, setiap keluarga di Indonesia menjadi titik awal kecintaan rakyat Indonesia terhadap budaya bangsa,” katanya.

Ia menilai, para generasi muda pun harus menyadari produk dan nilai kebudayaan dari berbagai daerah ialah bagian dari keindahan dan keunikan Indonesia yang harus dijaga bersama.

“Pada akhirnya, kita semua, baik perempuan maupun laki-laki, perlu sama-sama menjaga dan melestarikan kebudayaan Indonesia,” kata Puan.  Dalam kesempatan itu, Puan mengungkapkan rasa terima kasih kepada para pelaku budaya yang terus berkarya di tengah situasi pandemi Covid-19. 

 

 

 

Silakan akses epaper Republika di sini Epaper Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA