Ahad 30 May 2021 01:23 WIB

Kate Middleton Terima Vaksin Covid-19 Dosis Pertama

Kate Middleton menerima vaksin Covid-19 dosis pertama pada Jumat (28/5)

Rep: Mimi Kartika/ Red: Christiyaningsih
Pangeran William dan istrinya, Kate Middleton.
Foto: EPA
Pangeran William dan istrinya, Kate Middleton.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Duchess of Cambridge, Kate Middleton, menerima vaksin Covid-19 dosis pertama pada Jumat (28/5). Foto Kate yang sedang disuntik vaksin diunggah akun Twitter resmi Istana Kensington pada Sabtu (29/5).

“Kemarin saya menerima dosis pertama vaksin Covid-19 di Museum Sains London," tulisnya dalam keterangan foto tersebut dikutip dari Evening Standard.

Baca Juga

Dia juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang berperan dalam program vaksinasi. Dalam foto tersebut, Kate yang mengenakan masker medis berwarna biru dan baju putih berpadu celana jeans sedang menerima suntikan vaksin Covid-19 di lengan kirinya.

Menanggapi cuitan Istana Kensington, Menteri Kesehatan Matt Hancock, yang juga disuntik di Museum Sains, mengatakan dalam dua pekan terakhir lebih dari setengah orang berusia 30-an telah divaksinasi. "Yang Mulia The Duchess of Cambridge bisa mendapatkan suntikan di Museum Sains," kata dia.

Suntikan vaksin dosis pertama Kate dilakukan setelah suaminya, Pangeran William, menerima vaksin dosis pertama dari staf NHS di Museum Sains awal bulan ini. Duke of Cambridge itu sebelumnya menyatakan mendukung vaksin dan memuji keberhasilan dari program vaksinasi Covid-19.

William terjangkit Covid-19 musim semi lalu dan melanjutkan aktivitasnya secara daring dan komunikasi melalui jaringan telepon. Dia dirawat oleh dokter kerajaan dan dilaporkan mengalami gejala serius serta sempat berjuang untuk bernapas.

Ratu dan Pangeran Wales menjadi anggota keluarga kerajaan lainnya yang akan divaksinasi berikutnya. Lebih dari 32 juta orang di Inggris telah divaksin dosis pertama, terdiri dari hampir tiga perempat dari total populasi orang dewasa.

Sementara lebih dari 20 juta orang telah mendapatkan dua dosis vaksin Covid-19. Di Inggris dan Skotlandia, orang berusia 30 tahun didorong untuk diinokulasi untuk melawan virus corona.

Program vaksinasi Covid-19 di Irlandia Utara telah dibuka untuk semua orang yang berusia 18 tahun ke atas. Di Wales, undangan serupa juga terbuka untuk semua orang yang berusia di atas 18 tahun.

Penelitian menunjukkan vaksin Pfizer dan AstraZeneca efektif melawan kekhawatiran varian India yang menyebar ke seluruh Inggris. Wakil Ketua Komite Bersama Vaksinasi dan Imunisasi (JCVI) Profesor Anthony Harnden mengatakan orang harus sangat prihatin tentang varian India, tetapi diyakinkan oleh skala peluncuran vaksin.

Dia menjelaskan varian virus corona penyebab Covid-19 di India lebih mudah menular. Dia mengeklaim orang-orang sangat terkejut dengan betapa sangat efektif vaksin dalam mencegah penyakit Covid-19 yang parah.

“Kami perlu diyakinkan bahwa kami berada dalam posisi yang sangat berbeda sekarang karena kami memiliki populasi yang sangat divaksinasi dan kami hanya perlu terus bergerak dengan cepat,” katanya.

“Kami tahu bahwa dengan varian khusus ini Anda memang membutuhkan dua dosis untuk menawarkan perlindungan lengkap, dan karena itu kami sangat, sangat ingin memastikan bahwa semua itu, terutama kelompok berisiko lebih tinggi, yaitu yang berusia di atas 50-an dan mereka yang menderita penyakit yang mendasarinya terima vaksinasi kedua mereka secepat mungkin," lanjut dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement