Saturday, 18 Safar 1443 / 25 September 2021

Saturday, 18 Safar 1443 / 25 September 2021

3 Pendapat Lokasi Adam Diturunkan, Salah Satunya di Everest

Sabtu 29 May 2021 15:08 WIB

Rep: Andrian Saputra/ Red: Ani Nursalikah

3 Pendapat Lokasi Adam Diturunkan, Salah Satunya di Everest. Jamaah haji duduk di antara bebatuan Jabal Rahmah, Padang Arafah.

3 Pendapat Lokasi Adam Diturunkan, Salah Satunya di Everest. Jamaah haji duduk di antara bebatuan Jabal Rahmah, Padang Arafah.

Foto: Mohammed Saber/EPA EFE
Adam bertemu dan berkumpul kembali dengan Hawa di Muzdalifah.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dalam tradisi Islam sekurangnya ada tiga pendapat berkenaan dengan tempat turunnya Nabi Adam dan istrinya, Hawa, di Bumi. Pendapat pertama menjelaskan Nabi Adam turun di Dajna (Dahna), Semenanjung Arabia, sebuah tempat yang terletak di antara Makkah dan Ta’if.

Pendapat ini diambil dari kitab ad Durr al Mansur fit Tafsir bil Masur karya As Suyuti. Pendapat kedua, Nabi Adam turun di bukit Safa, sedangkan Hawa di bukit Marwah. Pendapat ini dikemukakan oleh Ibnu Abi Hatim. 

Baca Juga

Pendapat ketiga menjelaskan Nabi Adam diturunkan di India, sedangkan Hawa turun di sekitar Kota Jeddah sekarang ini. Dalam kitab Hilyatul Auliya dari at- Tabrani dan Abu Nu’aim diriwayatkan Abu Hurairah mengatakan, Rasulullah bersabda Allah menurunkan Adam di India. 

Adam pun merasa kesepian, lalu Jibril turun mengumandangkan adzan. Ketika Adam mendengar Jibril menyebut nama Muhammad, Adam bertanya, 'Siapakah Muhammad?' Jibril menjawab, 'Dia adalah keturunan terakhirmu yang menjadi nabi'.

Riwayat yang hampir sama dapat pula kita jumpai. Ibnu Abbas, misalnya, meriwayatkan Allah menurunkan Adam di India dan menurunkan Hawa di Jeddah.

 

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA