Sabtu 29 May 2021 08:16 WIB

Kepala BPIP: Juni-Agustus Bulan Pancasila, Ada Apa Saja?

BPIP menggelar bulan Pancasila yang berlangsung sejak 1 Juni hingga 18 Agustus 2021

Rep: Sapto Andika Candra/ Red: Esthi Maharani
Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), Yudian Wahyudi
Foto: Rumah Zakat
Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), Yudian Wahyudi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pemerintah, melalui Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), menggelar bulan Pancasila yang berlangsung sejak 1 Juni hingga 18 Agustus 2021 mendatang. Ada banyak program yang akan diselenggarakan, dimulai dengan upacara peringatan Hari Lahir Pancasila pada 1 Juni 2021.

Kepala BPIP Yudian Wahyudi menyampaikan, upacara peringatan Hari Lahir Pancasila akan digelar secara virtual reality di Gedung Pancasila, Kompleks Kementerian Luar Negeri. BPIP pun mengimbau masyarakat mengikuti upacara ini secara daring dari rumah masing-masing pada Selasa (1/6) pukul 10.00 WIB nanti.

"BPIP mengimbau masyarakat untuk mengibarkan bendera merah putih selama satu hari penuh di tiap-tiap instansi dan rumah tepat pada tanggal 1 Juni 2021," ujar Yudian dalam keterangan pers, Jumat (28/5).

Untuk memeriahkan Bulan Pancasila sejumlah lomba pun digelar, di antaranya adalah video pendek berbasis instagram dan TikTok, serta lomba pembuatan video pendek dan animasi dengan MPR RI. Pemenang kedua lomba tersebut akan diumumkan tepat pada tanggal 1 juni 2021.

Masih dalam Bulan Pancasila, BPIP juga akan menyelenggarakan beberapa jenis kegiatan lomba yaitu ajang kreatifitas anak Indonesia jenjang PAUD dan TK, lomba orasi Hari Lahir Pancasila dengan platform Youtube, hingga loomba penulisan esai dengan tema 'Teladan Pancasila oleh Aparatur Negara'.

Selain itu, masih ada lomba pembuatan cerita permainan tradisional dalam bentuk video dan lomba vlog Pancasila dalam tindakan. Semua jenis lomba tersebut mempunyai tema yang sama yaitu 'Pancasila Dalam Tindakan, Bersatu untuk Indonesia Tangguh'.

"Selain kegiatan lomba, rangkaian Bulan Pancasila, juga akan dipilih putra putri terbaik bangsa untuk mendapatkan Apresiasi Prestasi Pancasila. Pemberian penghargaan ini akan diumumkan pada saat peringatan hari Kemerdekaan RI pada bulan Agustus mendatang," kata Yudian.

Masyarakat yang tertarik mengikuti beragam lomba di atas diminta secara aktif mengikuti informasi terbaru di kanal media sosial BPIP.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement