Jumat 28 May 2021 13:54 WIB

Panglima TNI-Kapolri Dialog dengan Forkopimda Papua

Panglima ingin masukan dari tokoh yang mengetahui keadaan sesungguhnya di masyarakat.

Rep: Ronggo Astungkoro/ Red: Agus Yulianto
Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, bersama Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo, melaksanakan silaturahmi dan tatap muka dengan unsur Forkopimda (Forum Komunikasi Pimpinan Daerah) Provinsi Papua, Sentani Jayapura, Kamis (27/5).
Foto: Puspen TNI
Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, bersama Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo, melaksanakan silaturahmi dan tatap muka dengan unsur Forkopimda (Forum Komunikasi Pimpinan Daerah) Provinsi Papua, Sentani Jayapura, Kamis (27/5).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto bersama dengan Kapolri melaksanakan silaturahmi dengan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Provinsi Papua. Pada kesempatan itu Hadi menyatakan, masyarakat di Papua dapat menikmati pembangunan nasional, kedamaian, sejahtera, dan maju dengan kekayaan sumber daya alam yang dimiliki.

"Semua itu akan dapat terwujud dengan adanya stabilitas keamanan yang kondusif melalui partisipasi aktif semua pihak," ujar Hadi dalam siaran pers yang Republika terima, Jumat (28/5).

photo
Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, bersama Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo, melaksanakan silaturahmi dan tatap muka dengan unsur Forkopimda (Forum Komunikasi Pimpinan Daerah) Provinsi Papua, Sentani Jayapura, Kamis (27/5). - (Puspen TNI)

 

Pertemuan tersebut dilaksanakan di Sentani, Jayapura, Papua, pada Kamis (27/5). Dalam kegiatan itu, Panglima TNI dan Kapolri menyampaikan, kunjungan tersebut bermaksud untuk mempererat tali silaturahmi antara pimpinan TNI-Polri dengan para tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh adat dan Forkopimda Provinsi Papua agar selalu bersinergi dengan baik.

Dialog langsung TNI-Polri dengan Forkopimda kali ini dilaksanakan di antaranya untuk memperoleh masukan dari tokoh-tokoh yang memang mengetahui keadaan sesungguhnya di masyarakat. "TNI-Polri senantiasa mengedepankan pendekatan kesejahteraan dan kearifan lokal serta bekerja sama dengan pemerintah daerah dalam menyelesaikan setiap permasalahan di Papua dengan baik, sebagaimana arahan dari Bapak Presiden," ujar dia.

Disampaikan juga oleh Panglima TNI, dalam waktu dekat Papua akan menjadi tuan rumah PON XX. Hal tersebut tentunya menjadi kebanggaan masyarakat Papua karena menjadi venue even nasional. "Dengan demikian, semua pihak harus bahu-membahu mengerahkan segenap kemampuan untuk suksesnya even tersebut," ujar dia.

Turut hadir dalam kegiatan itu Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Ignatius Yogo Triyono, Kasdam XVII/Cenderawasih Brigjen TNI Bambang Trisnohadi, Danlantamal X Jayapura Laksma TNI Yeheskiel Katiandagho, Danlanud SPR Marsma TNI Budhi Achmadi, Sekda Provinsi Papua Dance Yulian Flassy, Kajati Provinsi Papua Nikolaus Kondomo.

Kemudian ada Kalanti Provinsi Papua Heru Pramono, Bupati Intan Jaya Natalis Tabuni, Bupati Nduga Yarius Gwijangge, Bupati Puncak Willem Wandik, Bupati Pegunungan Bintang Spei Yan Birdana, Bupati Yahukimo Didimus Yahuli, Bupati Lannyjaya Befa Yigibalom, Bupati Puncak Jaya Yuniwonda, Bupati Paniai Meki Nawipa, Bupati Tolikara Usman G Wanimbo, dan Bupati Mimika Eltinus Omaleng.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement