Jumat 28 May 2021 12:45 WIB

Polisi Kerahkan Ribuan Personel Jaga Demo Bela Palestina

Buruh Muslim Indonesia akan menggelar aksi demonstrasi bela Palestina

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus
Foto: Republika/Febryan A
Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Massa yang menamakan diri Buruh Muslim Indonesia akan menggelar aksi demonstrasi bela Palestina di Kantor PBB, Kedutaan Besar (Kedubes) Prancis, dan Kedubes Amerika Serikat, di Jakarta, pada Jumat (28/5). Polisi pun menyiagakan ribuan personel untuk mengawal aksi tersebut.

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Yusri Yunus mengatakan, ada 2.382 personel gabungan yang dikerahkan. "Ada beberapa tempat memang yang menjadi lokasi unjuk rasa tapi sudah kami siapkan pengamanannya," kata Yusri.

Terpisah, Kapolsek Metro Gambir AKBP Kade Budiyarta mengatakan, massa aksi awalnya akan berkumpul di sekitar pintu Monas Barat, Gambir, Jakpus. Setelah sholat Jumat, massa akan mendatangi secara bergantian gedung PBB, Kedubes Prancis, dan Kedubes Amerika Serikat.

Budi berharap, aksi yang digelar buruh ini tetap mengedepankan protokol kesehatan pencegahan Covid-19. "Diharapkan tidak berkumpul di satu titik karena akan menimbulkan kerumunan," kata dia.

Di sisi lain, Budi mengimbau para aparat untuk mengutamakan langkah persuasif dan bertindak humanis ketika menghadapi massa. "Petugas harus memberi contoh yang baik, bukan malah kita yang melanggar larangan tersebut," kata dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement