Jumat 28 May 2021 09:46 WIB

Uji Obat Covid-19 Buatan Israel Sukses Pulihkan Pasien

Uji coba obat Israel pada 10 pasien Covid-19 parah menunjukkan pemulihan

Rep: Puti Almas/ Red: Nur Aini
Obat Covid-19 (ilustrasi).
Foto: www.freepik.com
Obat Covid-19 (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, TEL AVIV — Perusahaan bioteknologi Israel, Bonus BioGroup mengatakan uji klinis obat terbaru untuk mengatasi infeksi virus corona jenis baru (Covid-19) telah berhasil dilakukan. 

Obat yang disebut MesenCure itu dikatakan dapat menyembuhkan gangguan pernapasan yang mengancam nyawa bagi asien Covid-19. Dilansir China.org, obat itu terdiri atas sel punca yang diturunkan dari adiposa dan donor sehat, kemudian disalurkan ke pasien melalui transfusi darah. 

Baca Juga

Bonus BioGroup mengatakan MesenCure dapat mengurangi peradangan di jaringan paru-paru dan membantu proses pemulihan bagi pasien Covid-19. Uji coba obat pertama kali menemui keberhasilan pada hewan, yang dilakukan sekitar satu tahun lalu. 

Dari keberhasilan tersebut, Pemerintah Israel memberikan izin uji klinis dilakukan pada manusia di Rambam Medical Center. Sebanyak 10 pasien Covid-19 dengan gejala parah berusia 45 hingga 75 tahun menjadi peserta dalam uji coba. 

Seluruh peserta adalah pasien Covid-19 yang menderita gangguan pernapasan akut, pneumonia parah, dan respons imun berbahaya. Kebanyakan dari mereka juga menderita penyakit kompleks lainnya.

Namun, setelah pengobatan dengan MesenCure, ada perbaikan yang nyata pada kondisi semua peserta. Rata-rata, mereka keluar dari rumah sakit setelah satu hari sejak pengobatan berakhir.

Perawatan dengan MesenCure menghasilkan peningkatan dalam mobilitas pasien dan kemampuan mereka untuk melakukan tindakan rutin, bersama dengan rasa sakit dan kecemasan yang berkurang.

Meski demikian, MesenCure masih harus melewati tahap uji coba berikutnya, yang akan melibatkan setidaknya 50 pasien tambahan. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement