Kamis 27 May 2021 19:15 WIB

Uni Eropa Nilai Pemilihan Presiden Suriah tak Akhiri Konflik

Pemilihan presiden Suriah itu dianggap sebagai formalitas

Rep: Lintar Satria/ Red: Nur Aini
 Seorang pria Suriah memeriksa ponselnya saat mengendarai sepedanya melewati poster kampanye Presiden Bashar Assad untuk pemilihan presiden mendatang yang menghiasi jalan di ibu kota Suriah, Damaskus,  Ahad (23/5).
Foto: AP/Hassan Ammar
Seorang pria Suriah memeriksa ponselnya saat mengendarai sepedanya melewati poster kampanye Presiden Bashar Assad untuk pemilihan presiden mendatang yang menghiasi jalan di ibu kota Suriah, Damaskus, Ahad (23/5).

REPUBLIKA.CO.ID, ANKARA -- Kepala Kebijakan Luar Negeri Uni Eropa Josep Borell mengatakan pemilihan presiden Suriah yang dikuasai rezim Bashar Al-Assad merusak upaya mengakhiri konflik. Pemilihan itu dianggap sebagai formalitas karena Assad diprediksi akan kembali menjabat untuk keempat kalinya.

"Pemilihan yang digelar di Suriah pada 26 Mei tidak memenuhi kriteria pemilihan demokratis, tidak berkontribusi pada upaya penyelesaian konflik," kata Borrell dalam pernyataannya seperti dikutip Anadolu Agency, Kamis "(27/5).

Baca Juga

Borrell menambahkan pemilihan di Suriah hanya kredibel apabila digelar 'dengan kerangka kerja proses politik yang tulus', sesuai dengan Resolusi Dewan Keamanan PBB 2254.

"Pemilihan hanya kredibel bila semua rakyat Suriah, termasuk orang yang mengungsi di dalam negeri, pengungsi dan anggota diaspora dapat berpartisipasi dalam lingkungan yang aman dan netral tanpa ancaman intimidasi dan bebas dan kompetisi politik yang adil," ujarnya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement