Kamis 27 May 2021 16:55 WIB

Ma'ruf Ingin Alumni Pesantren Unggul dari Pendidikan Umum

Ia pun meminta para santri belajar lebih giat dan terus menuntut ilmu.

Rep: Fauziah Mursid/ Red: Ani Nursalikah
Maruf Ingin Alumni Pesantren Unggul dari Pendidikan Umum
Foto: Thoudy Badai_Republika
Maruf Ingin Alumni Pesantren Unggul dari Pendidikan Umum

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Presiden Ma'ruf Amin berharap para lulusan pesantren membuktikan kualitasnya sama bagusnya dengan lulusan lembaga pendidikan umum. Bahkan, ia berharap lulusan pesantren bisa lebih unggul.

"Buktikan kepada dunia kualitas alumni pesantren tidak hanya setara namun lebih unggul dari alumni lembaga pendidikan umum. Itu harus dipastikan, harus bisa. Kita bisa untuk berbuat seperti itu," kata Ma'ruf saat meresmikan Gedung Auditorium K.H. Ma’ruf Amin Pondok Pesantren Salafiyah Terpadu Darussyifa Al-Fithroh, Sukabumi, Jawa Barat, secara virtual, Kamis (27/5).

Baca Juga

Ia pun meminta para santri belajar lebih giat dan terus menuntut ilmu setinggi-tingginya. Para santri adalah tumpuan masa depan keluarga, masyarakat dan bangsa.

Menurutnya, bekal ilmu pengetahuan dan keterampilan yang diajarkan oleh para kyai dan guru hanya merupakan dasar-dasar ilmu pengetahuan saja, tapi tantangan sesungguhnya akan dihadapi pada masa yang akan datang.

"Karena itu, sesuai dengan hadits "Carilah ilmu dari buaian hingga liang kubur”, kalian tidak boleh berhenti hanya dengan ilmu yang didapat dari pesantren tapi harus terus belajar sampai kapan pun," katanya.

Ma'ruf menekankan, SDM unggul adalah SDM yang sehat, cerdas, memiliki produktivitas tinggi, produktif dalam menghasilkan sesuatu yang manfaat dan maslahat. Karena, sebaik-baiknya manusia adalah yang bermanfaat, memiliki semangat untuk berkompetisi, cinta tanah air, dan tentu berakhlak mulia atau akhlakul karimah. Karena itu, ia berharap peran dan kontribusi pesantren dalam kemajuan bangsa dengan menghasilkan sumber daya manusia unggul.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement