Kamis 27 May 2021 15:02 WIB

UBSI Purwokerto Gelar Pelatihan Pemanfaatan Platform YouTube

BSI Purwokerto gelar pelatihan pembuatan konten YouTube pelajar IPNU

Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) kampus Purwokerto, Sabtu, 1 Mei 2021 melaksanakan pelatihan cara meningkatkan viewer di youtube untuk pengurus Ikatan Pelajar Nahdatul Ulama Desa Karangreja, Purbalingga
Foto: BSI
Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) kampus Purwokerto, Sabtu, 1 Mei 2021 melaksanakan pelatihan cara meningkatkan viewer di youtube untuk pengurus Ikatan Pelajar Nahdatul Ulama Desa Karangreja, Purbalingga

REPUBLIKA.CO.ID, PURWOKERTO -- Banyak aplikasi yang sudah menjadi bagian dari masyarakat, salah satunya adalah youtube. Video di youtube selain sebagai sarana informasi dan pembelajaran, saat ini sudah menjadi sumber hiburan masyarakat.

“Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) kampus Purwokerto, Sabtu, 1 Mei 2021 melaksanakan pelatihan cara meningkatkan viewer di youtube untuk pengurus Ikatan Pelajar Nahdatul Ulama Desa Karangreja, Purbalingga. Kegiatan ini merupakan bentuk pelaksaan Tri Dharma Perguruan Tinggi dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat,” tutur dosen Universitas BSI kampus Purwokerto, Imam Soleh, Selasa (25/5).

Selain Imam, kegiatan pengabdian masyarakat kepada pengurus IPNU Desa Karangreja, Purbalingga ini juga dibantu oleh tim tutor diantaranya Elly Muningsih, Afit Muhammad Lukman, Hidayat Muhammad Nur dan Sunanto, serta rekan mahasiswa. 

“YouTube adalah sebuah situs web berbagi video yang dibuat oleh tiga mantan karyawan paypal pada Februari 2005. Situs web ini memungkinkan pengguna mengunggah, menonton, dan berbagi video,” pungkas Imam.

Ia menjelaskan, perusahaan ini berkantor pusat di San Bruno, California, dan memakai teknologi adobe flash video dan HTML5 untuk menampilkan berbagai macam konten video buatan pengguna/kreator, termasuk klip film, klip TV, dan video musik.

“Selain itu, konten amatir seperti blog video, video orisinal pendek, dan video pendidikan juga ada dalam situs ini. Viewers adalah penonton dalam sebuah video youtube tersebut, sedangkan subscriber adalah jumlah pelanggan dalam sebuah chanel youtube, semakan banyak jumlah subscriber maka semakin sukses pula youtuber tersebut,” ujarnya.

Tujuan pelatihan ini yakni memberikan pengetahuan dan keterampilan pembuatan video di youtube, selain itu juga nantinya diharapkan bisa menambah viewer serta bisa bermanfaat ketika youtube mereka akan dimonetes oleh pihak youtube.

“Video ini bisa digunakan sebagai sarana untuk memberikan informasi kegiatan dan aktifitas yang dilakukan pengurus IPNU  Desa Karangreja, Purbalingga kepada masayarakat luas,” katanya.

Respons dari pihak pengurus IPNU Desa Karangreja, Purbalingga sebagai mitra dalam pengabdian masyarakat ini sangat positif. Hal ini seperti yang disampaikan pimpinan IPNU desa Karangreja.

“Pelatihan yang diberikan oleh Universitas BSI kampus Purwokerto ini sangat bermanfaat dan memberi pengetahuan tambahan khusunya dalam pembuatan video di youtube. Banyak hal yang belum dipahami oleh peserta dijelaskan secara detail dan lengkap sehingga peserta mudah memahaminya,” ucap pimpinan IPNU Desa Karangreja, Sabtu (1/5).

Ia berharap, pihak Universitas BSI kampus Purwokerto juga dapat memberikan pelatihan sejenis untuk aplikasi lainnya di masa yang akan datang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement