Kamis 27 May 2021 15:00 WIB

Jatim Bakal Tambah Alat Pendeteksi Gempa

Sebenarnya sudah cukup banyak alat pendeteksi gempa yang terpasang di Jatim.

Rep: Dadang Kurnia/ Red: Fernan Rahadi
Alat pendeteksi gempa
Foto: Wikipedia
Alat pendeteksi gempa

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Koordinator Bidang Observasi dan Informasi BMKG Stasiun Geofisika Pasuruan, Suwarto mengungkapkan, ada beberapa alat pendeteksi gempa yang akan dipasang di Jatim tahun ini. Di antaranya adalah penambahan seismograf yang rencananya dipasang di Kepulauan Kangean, Madura.

"Kemudian ada lagi tambahan untuk desiminasi atau pengiriman informasi gema bumi berupa Warning Receiver System (WRS) itu kita akan pasangan di lima atau enam lokasi di Jatim," kata Suwarto dikonfirmasi Kamis (27/5).

Suwarto mengungkapkan, sebenarnya sudah cukup banyak alat pendeteksi gempa yang terpasang di Jatim. Seperti censor accelerometer (accelerograph) yang berfungsi untuk merekam percepatan pergerakan tanah. Di Jatim, kata Suwarto, jumlahnya ada 48 unit.

"Tersebar mulai dari Banyuwangi, Pacitan, Madura, dan Tuban. Jadi merata di seluruh kabupaten/ kota di Jatim," ujarnya.

Selain itu, ada seismograf yang juga sudah terpasang dan tersebar di Jawa Timur. Seismograf memiliki fungsi untuk merekam ketika terjadi gempa bumi. Alat ini berfungsi untuk mendapatkan data yang nantinya akan diolah untuk memperoleh parameter gempa.

"Jadi nanti kita tahu episenternya di mana. Di Jatim ada 50 titik (seismograf) kita psang juga," kata Suwarto.

Belum lagi alat pendeteksi gempa lainnya seperti Intensity Meter. Suwarto mengungkapkan, di Surabaya saja, Itensity Mieter yang dipasamg jumlahnya mencapai 15 unit.  Alat ini banyak dipasang di Surabaya tiada lain karena adanya sesar Kendeng yang aktif di sepanjang Waru-Surabaya.

"Hasil penelitian dan kajian sesar Kendeng ini termasuk sesar aktif terjadi pergerakan. Dari peta pusat studi gempa nasional ini termasuk aktif. Tapi pergerakannya tidak signifikan mungkin setahun hanya 2 sentimeter," ujarnya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement