Kamis 27 May 2021 14:32 WIB

Kasus Gizi Buruk di Cianjur Masih Banyak

Ada penyakit penyerta membuat anak rentan mengalami gizi buruk.

Rep: Riga Nurul Iman / Red: Agus Yulianto
Anak penderita gizi buruk (ilustrasi).
Foto: Antara
Anak penderita gizi buruk (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, CIANJUR -- Kasus anak yang mengalami gizi buruk di Kabupaten Cianjur masih cukup banyak. Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Cianjur mencatat selama rentang waktu 2019 hingga 2021, ada sebanyak 289 orang balita yang mengalami gizi buruk.

"Total selama tiga tahun terakhir, ada 289 balita yang mengalami gizi buruk," ujar Plt Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Cianjur Irvan Nur Fauzy kepada wartawan, Kamis (27/5). 

Rinciannya, pada 2019 ada sebanyak 93 balita dengan gizi buruk. Selanjutnya, pada pada 2020 naik mencapai 153 balita gizi buruk. Berikutnya selama periode Januari hingga Mei 2021, tercatat 43 balita gizi buruk dan salah satunya, Muhammad Bayu, balita asal Agrabinta yang kini kondisinya memprihatinkan.

Irvan mengatakan, kenaikan kasus gizi buruk terjadi saat awal pandemi Covid-19. Meskipun demikian, belum bisa dipastikan dampak dari pandemi pada peningkatan kasus gizi buruk di Cianjur.

 

Lebih lanjut Irvan mengatakan, berdasarkan data memang paling banyak kasus pada masa awal pandemi. Hal ini karena pada saat awal pandemi, layanan menjadi kurang maksimal, misalnya ada pembatasan dan khawatir terjadi penyebaran Covid.

Kondisi inilah, Irvan menambahkan, yang mungkin jadi salah satu faktor kenaikan pada tahun lalu. Dia mengatakan, faktor utama masih banyaknya kasus gizi buruk di Cianjur, di antaranya minimnya pengetahuan orang tua dalam pemenuhan gizi untuk anak.

Kondisi ini, tutur Irvan, terutama terjadi di wilayah Cianjur selatan. Di mana orang tua kurang dalam memperhatikan asupan gizi anak. Di samping itu, adanya penyakit penyerta membuat anak rentan mengalami gizi buruk.

Dari data yang ada, ungkap Irvan, rata-rata balita gizi buruk di Cianjur mengidap TBC dan hepatitis. Dengan demikian, penyakit tersebut membuat asupan gizi di dalam tubuh anak berfokus pada penyakit yang menjangkitnya.

Dalam artian, Irvan menambahkan, asupan gizi ke tubuh fokus ke penyakit yang dideritanya sehingga dampak ini terjadi pada balita di Agrabinta yang beberapa hari lalu.

Ke depan, Irvan menerangkan, Dinkes telah menginstruksikan petugas di tingkat puskesmas dan posyandu untuk memantau kondisi setiap balita di Cianjur. Misalnya, dengan mengintensifkan lagi program posyandu unruk mendeteksi sejak awal anak yang mengalami gizi buruk agar bisa ditangani dengan cepat.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement