Kamis 27 May 2021 12:42 WIB

Kebiasaan Toxic Saat WFH, Apa yang Sering Anda Lakukan?

Jika terus dilakukan, kebiasaan ini berpotensi mengganggu produktivitas kerja.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Qommarria Rostanti
Bekerja dari rumah atau work from home (WFH) (ilustrasi).
Foto: Republika
Bekerja dari rumah atau work from home (WFH) (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Lebih dari satu tahun, bekerja dari rumah atau work from home (WFH) dilakoni oleh sebagian besar pekerja di Indonesia. Meskipun WFH menawarkan keamanan, namun di sisi lain WFH juga menciptakan kebiasaan buruk bagi banyak pekerja.

Nah, apa saja kebiasaan buruk itu? Simak penjelasan berikut seperti dilansir di laman Times of India, Kamis (27/5):

1. Bangun siang

Selama bekerja dari rumah, banyak pekerja yang terbiasa bangun beberapa menit sebelum bekerja. Ini membuat mereka sama sekali tidak punya waktu untuk mempersiapkan diri secara mental dan fisik. Kondisi ini tidak hanya mempengaruhi kualitas pekerjaan, namun juga bisa mengganggu kesehatan fisik dan mental pekerja.

2. Minim bergerak

Segala bentuk latihan fisik penting untuk menjaga kebugaran. Namun, bekerja dari rumah telah membuat mereka bekerja sambil duduk di sebagian besar hari tanpa olahraga. Meskipun hal ini mungkin tidak berdampak langsung, dalam jangka panjang mungkin memiliki beberapa konsekuensi terkait kesehatan yang parah.

3. Terganggu oleh anak-anak atau anggota keluarga

Saat bekerja di rumah, artinya Anda akan selalu bertemu dengan anak dan anggota keluarga lainnya. Hal ini bisa membuat konsentrasi bekerja Anda terganggu.

4. Bekerja sambil rebahan

Bekerja di atas kasur atau sambil rebahan tampaknya kian umum dilakoni para pekerja yang WFH. Tapi, Anda harus ingat bahwa kebiasaan itu tidak baik dan bisa memengaruhi kesehatan punggung Anda. Jadi tetaplah bekerja di atas meja dan kursi saja ya!

5. Bekerja bagai kuda

Karena beban kerja yang berlebihan, disertai rasa cemas, atau berbagai alasan lainnya, banyak dari pekerja yang bekerja bagai kuda atau selalu memikirkan pekerjaan 24/7. Dalam jangka waktu yang lama, kebiasaan ini dapat menyebabkan banyak masalah fisik dan mental. 

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement