Saturday, 21 Zulhijjah 1442 / 31 July 2021

Saturday, 21 Zulhijjah 1442 / 31 July 2021

Jumlah Like Instagram dan Facebook Kini Bisa Disembunyikan

Kamis 27 May 2021 11:10 WIB

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Dwi Murdaningsih

Instagram

Instagram

Foto: pixabay
Jumlah like dalam unggahan Instagram dan Facebook dinilai merusak kesehatan mental.

REPUBLIKA.CO.ID, KALIFORNIA -- Pengguna Instagram dan facebook kini bisa menyembunyikan jumlah 'Like' dalam suatu psotingan. Setelah bertahun-tahun menguji di kedua platform, Facebook dan Instagram telah menetapkan pengalaman opt-in untuk menyembunyikan jumlah Like.

Fitur ini memungkinkan orang untuk menonaktifkan melihat di semua posting dan opsi untuk menyembunyikan jumlah Like publik mereka sendiri dari orang lain.

Instagram mengaktifkan fitur ini setelah bertahun-tahun pengujian. Instagram telah mendapatkan tekanan dari para ahli untuk membuat perubahan pada platformnya.

Baca Juga

Sebuah studi tahun 2017 oleh Royal Society for Public Health UK mengungkap layanan 'like' ini digolongkan sebagai “yang paling merusak kesehatan mental dan kesejahteraan kaum muda”. Para ahli berpendapat bahwa menghapus tombol Like atau jumlah Like dapat membantu mengurangi kecemasan dan tekanan sosial untuk beberapa pengguna Facebook dan Instagram.

“Kami menguji penyembunyian  seperti hitungan Like untuk melihat apakah hal itu dapat menurunkan tekanan pengalaman orang-orang di Instagram,” kata juru bicara Instagram, dilansir dari The Verge, Kamis (27/5).

“Apa yang kami dengar dari orang-orang dan pakar adalah bahwa tidak melihat jumlah yang sama bermanfaat bagi sebagian orang dan mengganggu orang lain, terutama karena orang-orang menggunakan jumlah yang sama untuk mengetahui apa yang sedang tren atau populer, jadi kami memberi Anda pilihan,” ujarnya lagi.

Sekarang pengguna dapat mengaktifkan opsi untuk menyembunyikan semua jumlah suka pada semua posting di feed Anda di Instagram dan Facebook. Opsi terpisah akan memungkinkan pengguna menyembunyikan jumlah Like Anda sendiri kepada orang lain.

Pengguna juga dapat menyembunyikan jumlah Like per postingan di Instagram. Fitur ini memungkinkan orang fokus pada konten postingan daripada jumlah Like. Facebook akan mendapatkan kontrol per posting yang sama dalam beberapa pekan ke depan.

Facebook pertama kali mulai menguji jumlah Like tersembunyi pada September 2019. Langkah ini eksperimen untuk melihat apakah perubahan tersebut akan meningkatkan pengalaman menggunakan platform. Instagram juga telah menguji berbagai cara untuk menyembunyikan jumlah Like dalam beberapa tahun terakhir, dengan pengujian fitur opsional yang sama bulan lalu.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA