Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Sartika

Pentingnya Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar

Eduaksi | Thursday, 27 May 2021, 08:12 WIB

Menurut Undang Undang No. 20 Tahun 2003 pendidikan merupakan suatu usaha sadar serta terencana dan bertujuan untuk mewujudkan suatu proses pembelajaran peserta didik pada saat mengembangkan potensi yang ada dalam diri peserta didik tersebut dan memiliki kekuatan keagamaan, pengendalian diri, kepribadian yang bagus, kecerdasan serta potensi yang paling penting adalah akhlak mulia yang bermanfaat bagi dirinya sendiri, masyarakat, bangsa serta negara Indonesia. Menurut Undang Undang No. 20 Tahun 2003 tujuan utama dari diselenggarakannya pendidikan yaitu untuk mewujudkan dan mengembangkan potensi peserta didik, kemampuan, dan akhlak peserta didik dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa dan menjadi peserta didik yang bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa serta menjadi warga negara Indonesia yang demokratis.

Ilmu pengetahuan sosial atau yang sering disebut dengan IPS merupakan mata pelajaran atau ilmu pengetahuan yang bersinambungan dengan kehidupan sehari hari di masyarakat, lingkungan social dalam bersosialisasi. Ilmu Pengetahuan Sosial merupakan suatu ilmu pengetahuan yang memiliki hubungan antara manusia dengan masyarakat sekitar dan hubungan antara manusia di dalam masyarakat. Pendidikan saat ini yang paling mendasar dan yang perlu diperhatikan yaitu pada saat peserta didik menginjak pendidikan di Sekolah Dasar. Pendidikan sekolah dasar merupakan jenjang pendidikan formal untuk mengembangkan potensi dan pengalaman pada diri peserta didik. Pendidikan di sekolah dasar peserta didik akan diarahkan dan dikembangkan potensinya yang ada dalam diri peserta didik kearah perkembangan yang lebih kompleks.Selain perkembangan potensinya, pendidikan karakter juga sangat penting diajarkan sejak sekolah dasar ataupun sejak dini. Pentingnya pendidikan karakter sebagai bekal peserta didik untuk bersosialisasi terhadap masyarakat yang tentunya sesuai dengan pembelajaran IPS di Sekolah Dasar.

Pendidikan sekolah dasar diselenggarakan sebagai bekal peserta didik dalam kehidupan sehari hari untuk menumbuhkan sikap, pengetahuan, keterampilan serta pendidikan karakter sejak dini. Pentingnya pendidikan karakter disekolah dasar dapat dikembangkan secara optimal sehingga peserta didik memiliki bekal perilaku atau karakter yang kuat untuk kehidupan sehari hari dalam bersosialisasi terhadap masyarakat. Pendidikan karakter di Sekolah Dasar memang sangat pending untuk peserta didik, sehingga pihak sekolah harus mendukung keberhasilan pendidikan karakter di sekolah dasar secara optimal. Nilai nilai pendidikan karakter juga perlu diberikan kepada peserta didik, sebagai contoh yaitu nilai pendidikan karakter. Pendidikan karakter sangat penting ditanamkan kepada peserta didik sejak dini untuk membentuk karakter peserta didik yang diharapkan. Penanaman pendidikan karakter dalam pembelajaran IPS di Sekolah Dasar misalnya cerminan peserta didik yang berkarakter positif, beretika, bermoral, berakhlak dan bertingkah laku yang baik. Peserta didik yang memiliki perilaku seperti diatas berarti peserta didik dapat dikatakan mempunyai karakter yang positif. Pendidikan karakter seharusnya dimulai sedini mungkin yang biasa dilakukan dari anak Sekolah Dasar, karena jika pendidikan karakter tidak diterapkan sejak sekolah dasar akan susah untuk membentuk karakter peserta didik.

Pendidikan karakter yang diterapkan di Sekolah Dasar harus dilaksanakan secara konsisten. Pendidikan karakter sangat diperlukan karena kurang tepatnya arah pendidikan selama ini generasi sekarang cenderung rapuh dan kehilangan karakter pada generasi saat sekarang. Pentingnya pelaksanaan pendidikan karakter tidak hanya untuk sekedar tugas dan tanggung jawab semata untuk peserta didik, namun untuk menanamkan nilai nilai karakter untuk mengembangkan pengetahuan yang dimiliki oleh peserta didik. Tujuan utama dilaksanakannya pendidikan karakter untuk membentuk watak peserta didik serta menanamkan kebiasaan yang baik pada peserta didik sehingga peserta didik menjadi paham tentang mana yang salah dan mana yang benar.

Melalui pendidikan karater dalam pembelajaran IPS diharapakan peserta didik mampu membentuk pribadi yang baik supaya peserta didik dapat menjadi manusia yang baik, warga masyarakat yang baik, warga negara Indonesia yang demokratis sehingga mampu berperan dalam generasi muda yang baik. Pendidikan karakter dalam ilmu pengetahuan sosial di sekolah dasar mempunyai tanggung jawab untuk mewujudkan cita cita pendidikan dalam menyelesaikan permasalahan permasalahan di negara ini berhubungan dengan penyimpangan moral, nilai nilai dan budaya, sehingga perlunya pendidikan karakter untuk generasi muda.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image