Kamis 27 May 2021 08:48 WIB

Amazon Akuisisi MGM Studios Senilai Rp 120,835 Triliun

Kesepakatan tersebut menjadi akuisisi terbesar kedua dalam sejarah Amazon.

Rep: Rahayu Subekti/ Red: Nidia Zuraya
Logo Amazon (ilustrasi). Amazon mengakuisisi MGM Studios senilai 8,45 miliar dolar AS atau setara Rp 120,835 triliun.
Foto: AP Photo/Michel Spingler, File
Logo Amazon (ilustrasi). Amazon mengakuisisi MGM Studios senilai 8,45 miliar dolar AS atau setara Rp 120,835 triliun.

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON – Amazon mengakuisisi MGM Studios senilai 8,45 miliar dolar AS atau setara Rp 120,835 triliun (kurs Rp 14.300 per dolar AS). Hal tersebut menandai langkah paling berani Amazon masuk ke dalam industri hiburan.

“Nilai finansial sebenarnya di balik kesepakatan ini adalah harta karun IP yang kami rencanakan untuk ditata ulang dan dikembangkan bersama dengan tim berbakat MGM. Ini sangat menarik dan memberikan begitu banyak peluang untuk penceritaan berkualitas tinggi,” kata Wakil Presiden Senior Prime Video dan Amazon Studios, Mike Hopkins, dikutip dari CNBC, Rabu (26/5).

Baca Juga

Kesepakatan tersebut juga menjadi akuisisi terbesar kedua dalam sejarah Amazon setelah pembelian Whole Foods senilai 13,7 miliar dolar AS pada 2017. Amazon berharap untuk memanfaatkan sejarah pembuatan film MGM dan katalog yang lebih luas terdiri atas empat ribu film dan 17 ribu acara TV.

"Peluang untuk menyelaraskan sejarah MGM dengan Amazon adalah kombinasi yang menginspirasi,” tutur Pimpinan MGM Kevin Ulrich.

Di sisi lain, kesepakatan tersebut juga menekankan kesediaan Amazon mengeluarkan banyak uang agar tetap kompetitif di pasar streaming. Amazon, Netflix, Disney, dan layanan streaming video lainnya telah berupaya meningkatkan katalog kontennya untuk mendapatkan pelanggan lebih banyak.

Amazon juga sudah lama bersedia melakukan investasi besar pada konten video sebagai strategi untuk meningkatkan keanggotaan Prime, yang kini melampaui 200 juta secara global. Langkah tersebut menghabiskan 11 miliar dolar AS untuk video dan konten musik tahun lalu.

Proyek lain yang diawasi ketat, yakni adaptasi dari Lord of the Rings yang saat ini sedang dalam produksi. Lord of the Rings memiliki label harga untuk season satu sebesar 465 juta dolar AS dan kemungkinan menjadikannya salah satu serial televisi termahal yang pernah dibuat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement