Rabu 26 May 2021 23:23 WIB

Tanda-Tanda Orang Mendapat Taufik

Syaikh Abdul Aziz bin Muhammad bin Salman menyampaikan tanda-tanda masuknya taufik

Rep: Ali Yusuf/ Red: Agung Sasongko
Berdoa (Ilustrasi)
Foto: Republika/Thoudy Badai
Berdoa (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Syaikh Abdul Aziz bin Muhammad bin Salman menyampaikan tanda-tanda masuknya taufik kedalam diri seorang. Menurutnya tanda-tanda taufik itu adalah masuknya amal kebajikan kepada seseorang tanpa disengaja, terhindarnya dari perbuatan maksiat.

Syaikh Abdul Aziz bin Muhammad bin Salman dalam kitabnya Irsyadul Ibad menjelaskan, masuknya pintu taufik kepada seorang hamba di antaranya adalah terbukanya pintu permohonan perlindungan dan permohonan kebutuhan kepada Allah. Dan setiap keadaan, diringinya amal keburukan dengan amal kebaikan, dan merasa dosamu besar di dalam hatimu meskipun sebenarnya termasuk masa kecil.

Baca Juga

"Juga diberikan kesempatan memperbanyak dzikir kepada Allah dan bersyukur kepada-Nya serta bertahmid dan beristighfar kepada-Nya," katanya.

Selain mengungkap tanda-tanda orang yang mendapat taufik, dalam kitabnya ini, Syaikh Abdul Aziz bin Muhammad bin Salman juga memberikan tanda-tanda orang yang ditelantarkan oleh Allah (khazlan). Kata dia, di antara tanda-tanda khazlan adalah engkau merasa sulit untuk berbuat ketaatan, meskipun telah berusaha melakukannya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement