Rabu 26 May 2021 18:17 WIB

Turki Kirim Bantuan Medis ke India untuk Memerangi Covid-19

Bantuan mencakup tabung oksigen, generator oksigen, ventilator, dan kotak obat

Red: Nur Aini
Sebuah pesawat militer Turki yang membawa pasokan medis untuk membantu India melawan Covid-19 pada Selasa (25/5) berangkat ke ibu kota India New Delhi.
Sebuah pesawat militer Turki yang membawa pasokan medis untuk membantu India melawan Covid-19 pada Selasa (25/5) berangkat ke ibu kota India New Delhi.

REPUBLIKA.CO.ID, ANKARA -- Sebuah pesawat militer Turki yang membawa pasokan medis untuk membantu India melawan Covid-19 pada Selasa (25/5) berangkat ke ibu kota India New Delhi. Hal itu dikonfirmasi Kementerian Pertahanan Turki di Twitter.

Pesawat itu membawa persediaan medis, termasuk 630 tabung oksigen, lima generator oksigen, 50 ventilator, dan 50.000 kotak obat tablet yang disiapkan oleh Bulan Sabit Merah Turki dan Kementerian Kesehatan Turki.

Baca Juga

Kotak bantuan berisi kata-kata mutiara penyair abad ke-13 Mevlana Rumi - "Ada harapan di samping keputusasaan dan banyak matahari setelah kegelapan" - ditambah pesan; "Cinta dari Turki kepada rakyat India."

Ibrahim Altan, kepala Bulan Sabit Merah Turki, mengatakan kepada wartawan bahwa mereka mengirim bantuan atas perintah Presiden Recep Tayyip Erdogan.

Bantuan tersebut disiapkan oleh Kementerian Luar Negeri Turki bersama kementerian kesehatan, kementerian industri dan teknologi, dan kementerian pertahanan.

Menekankan hubungan Turki dan India yang telah berlangsung lebih dari satu abad, Altan mengatakan India mengirim bantuan ke Turki selama Perang Balkan dan Perang Kemerdekaan Turki dan selalu berdiri bersama negaranya dalam masa-masa sulit.

“Hari ini, kami mengirimkan bantuan kepada mereka [masyarakat India]," ujar Erdogan.

India mencatat lebih dari 3.511 kematian dalam 24 jam terakhir karena jumlah kematian akibat virus corona secara keseluruhan mencapai 307.231, menurut data yang dikumpulkan oleh Universitas Johns Hopkins AS. Kasus harian turun menjadi 196.427, sehingga total kasus secara keseluruhan menjadi 26,94 juta.

sumber : https://www.aa.com.tr/id/turki/turki-kirim-bantuan-medis-ke-india-untuk-memerangi-covid-19/2254270
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement