Rabu 26 May 2021 17:45 WIB

Tangerang Terapkan Pola Door to Door Vaksinasi Lansia

Upaya ini untuk mempercepat sasaran vaksinasi bagi lansia.

Tangerang Terapkan Pola Door to Door Vaksinasi Lansia
Foto: ANTARA/FAUZAN
Tangerang Terapkan Pola Door to Door Vaksinasi Lansia

IHRAM.CO.ID, TANGERANG -- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang, Banten menerapkan pola door to door agar proses percepatan vaksinasi lanjut usia (lansia) selesai. Dengan cara ini, petugas medis mendatangi warga ke rumah.

Juru Bicara Penanganan dan Penanggulangan Covid-19 Kabupaten Tangerang Hendra Tarmizi mengungkapkan cara door to door sudah dilakukan sejak lama.

Baca Juga

"Kalau upaya mempercepat sasaran vaksinasi bagi lansia, sebetulnya kita sudah melakukan cara  ini sejak awal. Karena kalau tidak, kita kesulitan apalagi bagi lansia di daerah terpencil," ujarnya, Rabu (26/6).

Ia menjelaskan vaksinasi di rumah dilakukan apabila penerima vaksin tidak bisa datang ke puskesmas. "Karena saat ini banyak lansia yang belum mendapat vaksin, rata-rata mereka jauh dari puskesmas," katanya.

Selanjutnya, petugas medis dari 44 puskeamas di setiap kecamatan yang dibantu oleh kader kesehatan tingkat RT/RW akan melakukan koordinasi dan mendata terlebih untuk langsung dapat melayaninya. "Dengan cara begitu percepatan vaksinasi lansia bisa segera tercapai, Sedangkan puskesmas dikejar target juga. Jadi upaya itu bisa jadi lebih efektif," ujarnya.

Layanan door to door bisa mempercepat akselerasi capaian target untuk vaksinasi kelompok lansia. Selain itu, ia mencatat jumlah lansia yang telah mendapat vaksin sebanyak 14.012 atau mencapai sekitar 80 persen dari sasaran 15.601 orang penerima. 

"Meskipun sudah mencapai 80 persen, tetapi kami saat ini terus melakukan vaksinasi kepada lansia di 44 puskesmas itu," kata dia.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement