Rabu 26 May 2021 16:29 WIB

BMKG: Puncak Gerhana Bulan di Jambi Pukul 18.18 WIB

Gerhana bulan berakhir di wilayah Jambi pada pukul 20.51 WIB.

BMKG: Puncak Gerhana Bulan di Jambi Pukul 18.18 WIB
Foto: Republika/Wisnu Aji Prasetiyo
BMKG: Puncak Gerhana Bulan di Jambi Pukul 18.18 WIB

REPUBLIKA.CO.ID, JAMBI -- Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebutkan puncak fenomena alam gerhana bulan total atau bulan merah super (super blood moon) di Provinsi Jambi diperkirakan terjadi pada Rabu pukul 18.18 WIB.

"Puncak gerhana bulan dapat teramati pada pukul 18.18.43 WIB," kata Kepala Seksi Data dan Informasi Stasiun BMKG Sultan Thaha Jambi Annisa Fauziah, Rabu (26/5).

Baca Juga

Akan tetapi, di wilayah Provinsi Jambi hanya mendapati bulan yang sudah dalam fase gerhana sebagian pada saat bulan terbit. Hal itu karena fase mulainya gerhana bulan di wilayah Jambi terjadi pada pukul 15.46 WIB.

Selanjutnya, fase gerhana bulan sebagian mulai pukul 16.44 WIB dan fase gerhana total mulai pukul 18.09 WIB dan puncak gerhana bulan di wilayah Jambi pada pukul 18.18 WIB. Sementara, bulan di beberapa wilayah Jambi terbit antara pukul 18.00 WIB sampai dengan 18.09 WIB.

Gerhana bulan berakhir di Jambi pada pukul 20.51 WIB. "Gerhana bulan dapat dilihat secara langsung, tidak seperti gerhana matahari yang membutuhkan alat bantu. Akan tetapi, jika cuaca berawan, gerhana bulan cenderung tidak terlihat," kata Annisa.

Gerhana bulan total terjadi saat posisi matahari-bumi-bulan sejajar. Saat puncak gerhana, bulan akan terlihat berwarna merah atau yang dikenal dengan istilah Blood Moon.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement