Rabu 26 May 2021 15:59 WIB

Masjid Raya Kota Bogor akan Laksanakan Sholat Gerhana Bulan

Rencananya sholat gerhana bulan akan dilaksanakan pada 18.00 WIB.

Rep: Shabrina Zakaria/ Red: Karta Raharja Ucu
Masjid Raya Bogor akan menggelar sholat gerhana bulan.
Foto: Antara/Rahmad
Masjid Raya Bogor akan menggelar sholat gerhana bulan.

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Masjid Raya Kota Bogor berencana melaksanakan sholat gerhana bulan, Rabu (26/5) petang. Sholat gerhana bulan ini akan dipimpin oleh Imam Besar Masjid Raya Kota Bogor, KH Asep Fakhruroji.

Ketua Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Masjid Raya Kota Bogor, Ahmad Fathoni mengatakan, rencananya sholat gerhana bulan akan dilaksanakan pada 18.00 WIB. Selain itu, sebagai khotib akan dibawakan oleh Ketua Umum Dean Masjid Indonesia (DMI) Kota Bogor, Ade Sarmili.

"Untuk tema khutbah yaitu tentang bagaimana kaum Muslimin dapat menjadikan fenomena alam ini sebagai ikhtiar memperbaiki kualitas ibadah, baik yang menyangkut hubungan manusia dengan Allah SWT maupun hubungan manusia dengan lingkungan sekitar," katanya Fathoni, Rabu (26/5).

Fathoni menjelaskan fadhilah atau keutamaan fenomena gerhana bulan adalah bagaimana manusia mensyukuri atas kekuasaan Allah dengan segala ciptaan dan ketentuan-Nya. "Ibadah itu disertai dengan bertaubat di samping merenungi kebesaran Allah SWT. Karena sudah selayaknya manusia sebagai abdi (hamba) Allah mendekatkan diri dengan banyak beribadah," ujarnya.

Kendati demikian, pelaksanaannya ibadah sholat gerhana bulan tetap akan dilaksanakan dengan protokol kesehatan yang ketat. Selain itu, bagi masyarakat yang hendak mengikuti sholat gerhana dannkhutbah, bisa menyaksikan melalui channel YouTube DKM Masjid Raya Kota Bogor di @Masjid Raya Official.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement