Saturday, 18 Safar 1443 / 25 September 2021

Saturday, 18 Safar 1443 / 25 September 2021

Formappi: Anggota DPR tak Disiplin Sejak Perubahan Tatib

Rabu 26 May 2021 15:12 WIB

Rep: Febrianto Adi Saputro/ Red: Bayu Hermawan

 Peneliti Forum Masyarakat Peduli Parlemen Indonesia (Formapi) Lucius Karus

Peneliti Forum Masyarakat Peduli Parlemen Indonesia (Formapi) Lucius Karus

Foto: Republika/Rakhmawaty La'lang
Formappi menilai perubahan tatib di masa pandemi membuat anggota DPR tak disiplin.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Peneliti Forum Masyarakat Peduli Parlemen Indonesia (Formappi), Lucius Karus menyoroti soal ketidakhadiran Wakil Ketua DPR, Azis Syamsuddin di tiga rapat paripurna terakhir secara berturut-turut. Menurut Lucius aturan kehadiran anggota dewan di masa pandemi sudah agak kacau karena diakomodasinya rapat virtual.

"Urusan ketidakhadiran pimpinan maupun anggota DPR pada rapat-rapat yang menjadi kewajiban mereka sudah dibuat dengan sangat longgar sejak perubahan tatib DPR pada tahun 2020," kata Lucius kepada Republika, Rabu (26/5).

Baca Juga

Lebih lanjut Lucius mengatakan,  perubahan tatib yang dimaksudkan untuk menyesuaikan diri dengan situasi rapat di tengah pandemi membuat makna kewajiban untuk menghadiri rapat seolah-olah tinggal mimpi saja. Sebagaimana diatur dalam Pasal 254 Tatib DPR tahun 2020, pelaksanaan rapat DPR bisa dilakukan secara virtual.

"Dalam pelaksanaan rapat virtual itu kuorum rapat bisa diabaikan dan ketakhadiran orang per orang pun bukan sesuatu yang mutlak karena satu orang wakil fraksi bisa menggantikan ketakhadiran rekan se-fraksi lain," ujarnya.

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA