Rabu 26 May 2021 15:30 WIB

Southgate Bantah Soal Keputusan tak Lirik Alexander-Arnold

Trent banyak diperdebatkan. Orang-orang cenderung berpikir saya tidak menyukainya

Rep: Anggoro Pramudya/ Red: Muhammad Akbar
Manajer Inggris Gareth Southgate menunggu dimulainya pertandingan sepak bola persahabatan internasional antara Inggris dan Irlandia di stadion Wembley di London, Inggris, Kamis 12 November 2020.
Foto: AP/Ben Stansall/POOL AFP
Manajer Inggris Gareth Southgate menunggu dimulainya pertandingan sepak bola persahabatan internasional antara Inggris dan Irlandia di stadion Wembley di London, Inggris, Kamis 12 November 2020.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Pelatih timnas Inggris Gareth Southgate memberikan alasan sebelumnya atas keputusan mencoret bek sayap Trent Alexander-Arnold. Kini ia menolak berbagai tuduhan tentang penilaian yang buruk kepada pemain Liverpool itu.

"Trent banyak diperdebatkan. Orang-orang cenderung berpikir saya tidak menyukainya, tapi bukan itu masalahnya. Dia datang dari berbagai kritik dan saya harus lebih dahulu berbicara dengannya," kata Southgate dilansir RTE Sports, Rabu (26/6).

Keputusan Southgate untuk tidak memasukan Alexander-Arnold pada kualifikasi Piala Dunia 2022 Maret lalu menimbulkan berbagai pandangan tentang masa depan sang pemain di skuad Tiga Singa.

Penampilan Alexander-Arnold yang sempat menurun bersama Liverpool mungkin jadi salah satu penilaian Southgate. Namun, pada pekan terakhir Liga Inggris, pesepak bola berusia 22 tahun sukses membantu Liverpool untuk finis di urutan ketiga musim ini.

Southgate pun merasa kerasaan apabila ia tidak pernah memandang buruk Alexander-Arnold. Hanya saja, ia cukup dipusingkan dengan banyaknya pilihan di bek kanan seperti Kieran Trippier, Reece James dan Kyle Walker.

"Saya tidak keberatan dengan kritik atas keputusan saya, itu adalah bagian tak terpisahkan dari itu. Tapi dia adalah pemain muda yang harus kami jaga dan ia menunjukan penampilan yang sangat baik," sambung pelatih berusia 50 tahun.

Saat ini Southgate telah menerbitkan skuad sementara timnas Inggris dengan berisikan 33 pemain. Alexander-Arnold tergabung di dalam skuad tersebut.

Praktis, Alexander-Arnold akan bersaing dengan Kieran Trippier, Kyle Walker dan Reece James untuk memperebutkan tempat di sisi kanan pertahanan the Three Lions.

Mengaku sangat dipusingkan dengan banyaknya stok pemain berposisi bek sayap kanan, Southgate pun memiliki rencana berbeda terhadap Alexander-Arnold. Ia akan mencoba gagasan untuk meletakan sang pemain di posisi lini tengah.

"Dia pengumpan bola yang fantastis dan dia memiliki visi mengoper yang hebat. Jadi dia seorang playmaker dari bek kanan, begitulah dia. Jadi mengapa hal itu tidak meminjamkan dirinya pada titik tertentu dalam karirnya untuk berada di lini tengah?."

Berikut daftar skuad sementara timnas Inggris untuk kejuaraan Piala Eropa 2020 :

Penjaga Gawang : Dean Henderson (Manchester United), Sam Johnstone (West Brom), Jordan Pickford (Everton), Aaron Ramsdale (Sheffield United).

Pemain Bertahan : Trent Alexander-Arnold (Liverpool), Ben Chilwell (Chelsea), Conor Coady (Wolves), Ben Godfrey (Everton), Reece James (Chelsea), Harry Maguire (Manchester United), Tyrone Mings (Aston Villa), Luke Shaw (Manchester United), John Stones (Manchester City, Kieran Trippier (Atletico Madrid), Kyle Walker (Manchester City), Ben White (Brighton).

Pemain Tengah : Jude Bellingham (Borussia Dortmund), Jordan Henderson (Liverpool), Jesse Lingard (West Ham), Mason Mount (Chelsea), Kalvin Phillips (Leeds), Declan Rice (West Ham), James Ward-Prowse (Southampton).

Penyerang : Dominic Calvert-Lewin (Everton), Phil Foden (Man City), Jack Grealish (Aston Villa), Mason Greenwood (Manchester United), Harry Kane (Tottenham), Marcus Rashford (Manchester United), Bukayo Saka (Arsenal), Jadon Sancho (Borussia Dortmund), Raheem Sterling (Man City), Ollie Watkins (Aston Villa).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement