Friday, 10 Safar 1443 / 17 September 2021

Friday, 10 Safar 1443 / 17 September 2021

Masjid Hyderabad Diubah Jadi Pusat Perawatan Covid-19

Rabu 26 May 2021 16:03 WIB

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Ani Nursalikah

Masjid Hyderabad Diubah Jadi Pusat Perawatan Covid-19. Masjid dan menara tua di Hyderabad

Masjid Hyderabad Diubah Jadi Pusat Perawatan Covid-19. Masjid dan menara tua di Hyderabad

Foto: the hindu times
India mengalami kekurangan tempat tidur di rumah sakit akibat Covid-19.

REPUBLIKA.CO.ID, HYDERABAD -- Sebuah masjid di Hyderabad, India diubah fungsinya menjadi Pusat Perawatan Covid-19, tempat pasien dengan gejala ringan hingga dirawat. Hal ini dilakukan untuk mengatasi kekurangan tempat tidur, oksigen dan obat-obatan medis  yang diperlukan di rumah sakit.

Di Masjid Mohammadi Ahle Hadees di Rajendranagar, Hyderabad, sebuah ruang kelas diubah menjadi pusat isolasi dengan 40 tempat tidur. Upaya ini dilakukan oleh LSM Helping Hand Foundation dengan bantuan dari Hyderabad's Rotary Club dan SEED, AS.

Baca Juga

"Di masjid ini, kami menerima pasien dengan gejala ringan dan sedang. Kami menyediakan semua perawatan medis yang dibutuhkan," kata perwakilan LSM, Mohammad Arif, dikutip di ANI News, Rabu (26/5).

Perwakilan lainnya dari lembaga tersebut, Mohammad Fareedullaha, mengatakan mereka mengubah masjid menjadi Pusat Isolasi Covid-19 untuk perawatan yang lebih baik bagi pasien ringan dan sedang. Dalam situasi saat ini banyak pasien tidak bisa mendapatkan tempat tidur di rumah sakit.

Dia juga mengatakan tabung oksigen dan konsentrator oksigen tersedia di pusat tersedia sepanjang waktu. Dokter yang kompeten juga berjaga memantau kondisi kesehatan pasien.

"Shafi adalah orang yang memeriksa keseluruhan proyek. Dia telah merawat lebih dari 5.000 pasien Covid-19 selama satu setengah tahun terakhir," ucap Fareedullaha.

Ia mengatakan, mereka bersedia menambah jumlah tempat tidur hingga 65 bahkan lebih, jika terjadi peningkatan permintaan. Tak hanya itu, ia menyebut jika seseorang dites positif dan membutuhkan bantuan, terlepas dari keyakinan agama mereka, maka ia akan selalu ada di lokasi untuk membantu.

Dia juga mengatakan jika ada pasien yang masuk dalam kondisi kesehatan kritis, maka akan segera dirujuk ke rumah sakit Covid-19, seperti Rumah Sakit Gandhi atau Telangana Institute of Medical Sciences and Research (TIMS) di Hyderabad.

Kepada ANI, Daneal yang ibunya telah dites positif dan dirawat di Panti Isolasi ini mengatakan fasilitas yang disediakan di lokasi tersebut sangat baik. Semua fasilitas termasuk obat-obatan dan oksigen tidak dipungut biaya.

Di sisi lain, dia mengatakan Pusat Isolasi ini juga menyediakan makanan kepada pasien tiga kali sehari, tanpa biaya apa pun. 

https://www.aninews.in/news/national/general-news/hyderabad-mosque-converted-into-40-bed-covid-care-centre20210526052039/

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA