Rabu 26 May 2021 09:58 WIB

Panglima Tunjuk Mayjen Dudung Abdurachman Jadi Pangkostrad

Mayjen Dudung Abdurachman menggantikan Letjen TNI Eko Margiyono

Rep: Ronggo Astungkoro/ Red: Joko Sadewo
Mayjen TNI Dudung Abdurachman ditunjuk menjadi Panglima Pangkostrad. (foto ilustrasi)
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Mayjen TNI Dudung Abdurachman ditunjuk menjadi Panglima Pangkostrad. (foto ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Panglima TNI, Marsekal Hadi Tjahjanto, melakukan sejumlah mutasi dan rotasi jabatan di lingkungan TNI. Dari rotasi yang dilakukan terhadap 80 perwira tinggi (pati) itu, Panglima Kodam Jaya, Mayjen TNI Dudung Abdurachman, ditunjuk menjadi Panglima Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Pangkostrad).

"Dalam rangka memenuhi kebutuhan organisasi dan pembinaan karier serta mengoptimalkan pelaksanaan tugas-tugas TNI yang semakin kompleks dan dinamis, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, kembali melakukan mutasi dan rotasi jabatan di lingkungan TNI," bunyi keterangan resmi Mabes TNI, Selasa (25/5) malam.

Mutasi dan promosi jabatan 80 pati TNI itu dilakukan berdasarkan Surat Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/435/V/2021 tanggal 25 Mei 2021 tentang pemberhentian dari dan pengangkatan dalam jabatan di lingkungan Tentara Nasional Indonesia. Dari jumlah tersebut, 46 di antaranya merupakan pati TNI AD, 15 pati TNI AL, dan 19 pati TNI AU.

Dari nama-nama yang dirotasi, terdapat nama Letjen TNI Doni Monardo yang digantikan Letjen TNI Ganip Warsito sebagai Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). Doni memasuki usia pensiun dalam waktu dekat sehingga ia dirotasi menjadi pati Mabes TNI AD.

Kemudian, Letjen TNI Eko Margiyono, dari yang sebelumnya menjabat Pangkostrad kini ditunjuk menjadi Kasum TNI menggantikan posisi Ganip. Mayjen TNI Dudung Abdurachman, sebelumnya Pangdam Jaya ditunjuk menjadi Pangkostrad menggantikan Eko. "Mayjen TNI Mulyo Aji, dari Aspers KSAD menjadi Pangdam Jaya," terang keterangan resmi itu.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi melantik Letjen TNI Ganip Warsito sebagai Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). Pelantikan yang berlangsung di Istana Negara, Selasa (25/5) siang, ini berdasarkan Keppres nomor 79P tahun 2021 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Kepala BNPB.

"Sebelum saya mengambil sumpah berkenaan dengan pengangkatan Saudara sebagai Kepala BNPB, terlebih dahulu saya akan bertanya kepada Saudara. Bersediakah Saudara diambil sumpah?" tanya Presiden Jokowi sebelum memimpin pengambilan sumpah.

Ganip Warsito, yang sebelumnya menjabat Kepala Staf Umum TNI, menggantikan Doni Monardo yang menjabat Kepala BNPB sejak 2019. Doni, yang juga menjadi Ketua Satgas Penanganan Covid-19, akan masuk periode pensiun per 1 Juni 2021 nanti.

Ganip juga segera mengemban jabatan sebagai Ketua Satgas Penanganan Covid-19 menggantikan Doni. Jabatan ini memang melekat dengan posisi Kepala BNPN.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement