Friday, 28 Rabiul Akhir 1443 / 03 December 2021

Friday, 28 Rabiul Akhir 1443 / 03 December 2021

Ini Manfaat Penggunaan Digital Marketing dalam Bisnis

Ahad 30 May 2021 06:13 WIB

Rep: wartaekonomi.co.id/ Red: wartaekonomi.co.id

Dear Pengusaha Pemula dan UMKM, Berikut Ini Manfaat Penggunaan Digital Marketing dalam Bisnis (Foto: Unsplash/Campaign Creators)

Dear Pengusaha Pemula dan UMKM, Berikut Ini Manfaat Penggunaan Digital Marketing dalam Bisnis (Foto: Unsplash/Campaign Creators)

Dear pengusaha pemula dan UMKM, Berikut Ini Manfaat Menggunakan Digital Marketing

Walaupun ekonomi sedang terpuruk akibat pandemi, tetap ada peluang untuk masa depan finansial kita semua. Salah satunya adalah dengan menggunakan digital marketing.

Digital marketing atau pemasaran digital merupakan bagian dari strategi pemasaran dengan menggunakan perangkat elektronik. Salah satu contoh digital marketing adalah upaya pemasaran online dengan menggunakan internet, dimana perusahaan atau penjual bisa berkomunikasi dengan calon konsumen yang menghabiskan waktu di dunia maya. 

Kepala Program Studi Bio Kewirausahaan i3l School of Business (iSB), Reni Saraswati,menyatakan bahwa pemasaran menggunakan media digital merupakan strategi yang ampuh dalam meningkatkan efektifitas serta keuntungan bagi penggunanya.

Baca Juga: Mendukung Pengembangan Ekonomi Kreatif dan Infrastruktur Digital Guna Percepat PEN Pasca-Pandemi

Berdasarkan data dari Statista di awal tahun 2021, hampir 60% dari total populasi dunia adalah pengguna internet. Dari populasi tersebut, Indonesia menempati urutan ke 3 sebagai pengguna internet terbanyak di dunia. Hal ini dapat dimanfaatkan pengusaha untuk menjangkau pelanggan tanpa ada batasan lokasi dan waktu dalam mempromosikan serta memberikan layanan bisnis secara online.

“Digital marketing dapat dilakukan oleh berbagai kalangan. Mulai dari freelancer, startups hingga perusahaan besar telah menggunakan strategi ini untuk menghasilkan manfaat komersial yang signifikan,” ungkapnya.

Baca Juga: Perkuat Payung Hukum Implementasi Pajak Digital, Ini yang Perlu Dilakukan Pemerintah

Bagi pengusaha pemula dan UMKM, mempelajari serta menggunakan digital marketing sebagai strategi pemasaran dapat memperbesar peluang untuk bersaing dengan kompetitior atau bahkan perusahaan yang lebih besar.Tentu saja, perlu strategi pemasaran yang tepat dan sesuai dengan usaha yang sedang kamu jalani untuk menarik minat pelanggan.

Berikut manfaat dan keuntungan yang didapat dari mempelajari digital marketing, pertama dapat bersaing dengan kompetitor dan perusahaan yang lebih besar, kedua lebih efektif dan efisien untuk mengukur segmentasi pasar, ketiga pendapatan usaha semakin tinggi ddan keempat membangun dan menciptakan kepercayaan pelanggan.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Warta Ekonomi. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Warta Ekonomi.
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA