Rabu 26 May 2021 11:37 WIB

Tesla dan Microstrategy Diprediksi Kehilangan Pengaruh ke Pasar Kripto

Tesla dan Microstrategy Diprediksi Kehilangan Pengaruh ke Pasar Kripto

Rep: wartaekonomi.co.id/ Red: wartaekonomi.co.id
Tesla dan Microstrategy Diprediksi Kehilangan Pengaruh ke Pasar Kripto (Foto: Unsplash/André François McKenzie)
Tesla dan Microstrategy Diprediksi Kehilangan Pengaruh ke Pasar Kripto (Foto: Unsplash/André François McKenzie)

Pembelian koin profil tinggi oleh entitas perusahaan seperti MicroStrategy dan Tesla dikreditkan sebagian dengan mendorong harga Bitcoin (BTC) sepanjang akhir 2020 dan awal 2021.

Namun, kemilau yang diberikan Tesla dan MicroStrategy dengan pembelian Bitcoin mereka yang memukau terbukti berumur pendek. Setelah harga saham kedua saham mencapai puncaknya pada awal Februari, MicroStrategy kehilangan nilainya hingga 64%, dan Tesla terus mengalami penurunan terparah dalam tiga tahun setelah kehilangan 36% dalam tiga setengah bulan terakhir.

Baca Juga: Domino's Pizza Beri Opsi Gaji dengan Bitcoin di Cabang Ini

Saham Tesla bernilai US$580 pada hari Senin, turun dari level tertinggi bulan Februari di US$880. Saham MicroStrategy bernilai US$448, turun dari level tertinggi bulan Februari di US$1.272.

Relatif, MicroStrategy dihargai US$140 sebelum pembelian Bitcoin pertamanya pada Agustus 2020. Saham Tesla bernilai sekitar US$200 pada pertengahan tahun 2020 ketika CEO Elon Musk mulai men-tweet meme Bitcoin dan Dogecoin (DOGE) dengan sungguh-sungguh.

Lonjakan Bitcoin yang sedang berlangsung di tengah kerugian saham ini dapat menyiratkan bahwa investor tradisional kurang bersedia bertaruh pada kesuksesan Bitcoin yang berkelanjutan daripada mereka yang ada di ruang crypto. Bitcoin naik nilainya selama dua bulan lagi sebelum mencapai puncaknya baru-baru ini US$65.000, dan kemudian secara singkat jatuh, akhirnya mencatat kerugian 52% sebelum rebound yang kuat.

Kegagalan Tesla dan MicroStrategy untuk mempertahankan keuntungan mereka dari eksposur Bitcoin mereka, dan kegagalan Musk untuk memindahkan pasar seperti dulu, bisa menjadi tanda bahwa ruang kripto menjadi kebal terhadap campur tangan perusahaan semacam itu-atau bahwa beban dari kehancuran pasar saat ini terlalu berlebihan bahkan untuk membalikkan pengaruh Musk.

Salah satu pencipta Ethereum, Vitalik Buterin, baru-baru ini menyarankan, menyatakan bahwa pengaruh yang dimiliki oleh orang-orang seperti Musk akan berkurang seiring waktu.

"Saya pikir pasar akan belajar. Elon tidak akan memiliki pengaruh ini selamanya," kata Buterin.

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Warta Ekonomi. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Warta Ekonomi.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement