Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Aksara Nya

Jalan Lebar Globalisasi untuk Perbankan dan Keuangan Islam di Era Kontemporer

Info Terkini | Tuesday, 25 May 2021, 21:25 WIB

Perbankan Islam, atau perbankan yang menganut Syari’ah (hukum Islam), umumnya dianggap lebih berorientasi sosial daripada perbankan konvensional. Hal ini didasarkan pada tujuan utama perbankan syariah yang mempromosikan keadilan bagi masyarakat di bidang ekonomi. Sistem keuangan Islam memastikan tingkat optimal perumusan modal dan pemanfaatannya yang efisien mengarah pada kesinambungan pertumbuhan ekonomi dan kesempatan yang adil untuk semua nasabahnya. Perkembangan konseptual Perbankan Islam mulai didasari pada akhir 1940-an dan dalam dua dekade berikutnya, Bank Syariah telah sukses masuk ke pasar global dengan membawa perkembangan pada bidang-bidang seperti Sukuk, Takaful, Reksa Dana, ekuitas swasta, dan aset manajemen, keuangan perusahaan, likuiditas, treasury, derivatif, swap, pasar berjangka dan forward, Saham Syariah, Exchange serta Dow Jones Islamic Index. Perbankan dan Keuangan Islam yang semula diinisiasi negara-negara Timur Tengah, kini mulai diadopsi hampir di semua belahan dunia. Di Eropa dan negara-negara Barat, perbankan Islam telah dipromosikan oleh lembaga keuangan seperti Citibank, ABN, AMRO, Goldman Sachs, Kleinwort, Benson dan lainnya. Lembaga-lembaga ini telah membentuk unit Islam atau Islam Windows, yang merupakan anak perusahaan dengan tujuan menarik kekayaan minyak dari Timur Tengah dan klein Muslim dari pasar lokal. Lembaga keuangan lokal juga baru-baru ini mulai menawarkan berbagai produk perbankan dan keuangan Islam di pasar Barat. Sementara itu, di Britania Raya sistem keuangan Islam berhasil membuat terobosan ke pasar keuangan Inggris. Otoritas Jasa Keuangan Inggris bertujuan untuk mengembangkan London sebagai pusat keuangan Islam dan memudahkan investasi dari Timur Tengah dan negara muslim lainnya. Islamic Bank of Britain yang didirikan pada tahun 2004 dan European Islamic Investment Bank pada 2006 telah mengkhususkan diri dalam beberapa bidang keuangan Islam, sehingga hal ini mengindikasikan pesatnya pertumbuhan perbankan Islam di kancah internasional.

Sementara itu di Indonesia, negara yang berpenduduk muslim terbesar di dunia, memulai usaha perbankan syariah dengan didirikannya bank syariah -Bank Muamalat Indonesia pada tahun 1992. Bank ini mencapai kemajuan yang stabil dan saat ini merupakan salah satu dari lembaga pelopor perbankan syariah di seluruh dunia. Ada dua bank lainnya yang sepenuhnya berdedikasi untuk mendirikan bank syariah di tanah air, yakni Syariah Mandiri dan Bank Syariah Mega Indonesia. Bank sentral Indonesia, yakni Bank Indonesia, juga telah mengizinkan bank konvensional lokal untuk menawarkan produk dan layanan perbankan syariah di pasar keuangan Indonesia. Aset perbankan Islam rata-rata meningkat 60 persen dalam empat tahun terakhir. Mereka naik dari US $1,498 miliar (1 persen dari total aset perbankan) pada tahun 2004 menjadi US $ 2,6 miliar (1,8 persen dari total aset perbankan) di 2005. Bank Indonesia telah menyusun peta jalan untuk memastikan industri perbankan syariah memiliki pangsa hingga 6 persen dari total pasar perbankan Indonesia di tahun 2011 dan masih terus berlanjut hingga sekarang.

Pesatnya perkembangan perbankan dan keuangan berbasis islam disebabkan karena adanya sistem perbankan dan keuangan yang menawarkan alternatif lebih etis dan efisien dibanding dengan sistem keuangan konvensional berbasis bunga. Perbankan dan institusi keuangan Islam muncul di pasar keuangan Timur Tengah pada awal tahun 1970-an, berdasarkan model yang dikembangkan oleh ekonom Islam selama beberapa dekade terakhir. Muslim lainnya, yakni negara-negara lain juga mengikuti tuntutan tersebut dan meluncurkan lembaga perbankan Islam mereka sendiri. Beberapa bank Barat juga meluncurkan produk perbankan dan keuangan Islam untuk melayani nasabah muslim mereka. Industri perbankan dan keuangan Islam membuat kemajuan yang gigih sejak awal munculnya konsep ekonomi islam. Selama beberapa tahun terakhir, bagaimanapun, telah mencatat pertumbuhan yang belum pernah terjadi sebelumnya. Faktor inti yang mencakup harga minyak yang tinggi secara konsisten telah terjadi di seluruh dunia, ekonomi yang berkembang di Timur Tengah, meningkatkan diversifikasi produk perbankan syariah, klien dan pasar dan perubahan lain dalam dunia politik. Pemerintahan di negara-negara timur dan asia menjadi sangat proaktif dalam mempromosikan perbankan Islam dan membiayai kegiatan yang sebagian besar berperan dalam memperkuat lebih lanjut hubungan bisnis dan keuangan regional. Keberhasilan perbankan dan keuangan Islam di Kawasan Timur Tengah dan Asia memiliki dampak yang besar terhadap pasar keuangan global. Semakin banyak lembaga keuangan Barat yang menggunakan perbankan Islam, dan keuangan sebagai kesempatan untuk menambahkan inovasi dan keragaman pada operasi mereka dan menarik kekayaan minyak dan pelanggan Muslim lokal ke pintu mereka. Di masa depan, dapat diprediksi bahwa institusi Keuangan Islam akan menjadi mitra dengan pelaku pasar Barat untuk mempromosikan produk Islam dan layanan perbankan dan keuangan Islam di pasar Eropa dan Barat. Hal ini karena kondisi pasar Barat telah cukup kondusif bagi perbankan Islam dan praktek keuangan. Perkembangan tersebut sangat menggembirakan dan telah memberikan nuansa keislaman industri perbankan dan keuangan yang merupakan jendela peluang untuk menjadi benar-benar kompetitif dan bagian yang terintegrasi dengan pasar keuangan internasional.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image