Rabu 26 May 2021 02:19 WIB

Seorang Ayah di Saudi Maafkan Pembunuh Anaknya

Pengampunan itu dilakukan beberapa menit sebelum tersangka dieksekusi.

Rep: Dea Alvi Soraya/ Red: Esthi Maharani
Pembunuhan (Ilustrasi)
Foto: pixabay
Pembunuhan (Ilustrasi)

IHRAM.CO.ID, JEDDAH -- Seorang terpidana kasus pembunuhan diampuni oleh ayah dari korbannya, Senin (24/5). Pengampunan itu dilakukan beberapa menit sebelum tersangka dieksekusi.

Awad Suleiman Al-Amrani, ayah dari pria yang tewas akibat perkelahian empat tahun silam, menetapkan bahwa baik pembunuh maupun keluarganya perlu mendapatkan pengampunan.  Dia juga tidak menuntut uang apapun sebagai kompensasi atas kematian putranya, sehingga pembunuhnya akan dibebaskan tanpa syarat.

Keputusan bijak Al-Amrani ini sontak ramai diperbincangkan di sosial media, kebanyakan mereka memuji sifat pemaaf pria tersebut. Sebagai apresiasi atas sikap "mulia" nya, beberapa pengguna Twitter memposting Alquran ayat 40 dari surat Al-Shura, yang mengatakan: "Ganjaran untuk luka adalah luka yang sama (dalam derajat): Tetapi jika seseorang memaafkan dan membuat rekonsiliasi, pahala adalah karena dari Allah: Karena (Allah) tidak mencintai orang yang berbuat salah."

Yang lain mengatakan bahwa keputusan Al-Amrani adalah sesuai dengan ajaran Nabi Muhammad, yang berkata: “Barangsiapa memperkenalkan amalan yang baik dalam Islam, ada pahala dan pahala bagi mereka yang bertindak setelah dia tanpa ada apapun. berkurang dari ganjaran mereka."

Waleed Khaled Darraj, seorang pengacara di Jeddah, mengatakan kepada Arab News bahwa pria yang dibebaskan dan keluarganya harus mematuhi tuntutan dan ketentuan yang ditetapkan oleh ayah korban.

“Kalau tertulis dan disetujui pengadilan, semua yang diminta bapak harus ditindaklanjuti, kalau tidak pengabaian menjadi tidak sah dan keluarga korban berhak menuntut pemenggalan,” katanya.

Dia mengatakan bahwa meskipun eksekusi diizinkan berdasarkan Syariah sebagai pencegah untuk menjaga kehidupan dan jiwa manusia, Islam juga mendesak pengikutnya untuk memaafkan bila memungkinkan.

“Islam juga mengajarkan pengikutnya untuk menunjukkan toleransi,” kata Darraj, menambahkan bahwa Islam juga menginstruksikan untuk menghindari amarah, yang dalam banyak kasus mengarah pada konsekuensi yang tidak diinginkan.

“Ketika kejahatan seperti itu terjadi, pemenggalan kepala si pembunuh, menuntut uang darah adalah hak keluarga korban. Namun, beberapa orang bangsawan hanya memaafkan tanpa meminta sepeser pun. Orang-orang ini mencari apa yang Allah telah janjikan kepada para pengampun,” sambungnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement