Selasa 25 May 2021 17:26 WIB

10 Film yang Syuting Hanya di Satu Lokasi

Industri film menyebutnya sebagai 'film ruangan'.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Qommarria Rostanti
Film One Night in Miami.
Foto: Amazon Studios.
Film One Night in Miami.

REPUBLIKA.CO.ID, LOS ANGELES -- Rupanya, tak perlu menampilkan pemandangan indah atau drama keliling dunia, untuk membuat sebuah film hebat. Faktanya, banyak karya hebat bioskop yang ternyata syuting hanya di satu lokasi atau area kecil.

Bahkan ada istilah industri untuk film semacam itu: 'film ruangan'. Film jenis tersebut  bisa mengisahkan drama keluarga seperti dalam film Autumn Sonata, atau kisah duka dalam sinema Still Walking.

Dalam kisah yang lebih menyeramkan, lokasi ini bisa menciptakan ketegangan yang sangat besar sebagai lokasi pembunuhan seperti perangkap Jigsaw dalam film Saw. Namun ada film lain yang membatasi lokasi syuting karena ada masalah pada anggaran.

Berikut daftar film yang mencakup negara, dekade, dan genre yang berlangsung baik di satu lokasi atau area umum seperti dilansir di laman Clayton, Selasa (25/5): 

1. One Night in Miami (2020)

Debut sutradara aktris terkenal Regina King adalah kisah fiksi dari pertemuan 25 Februari 1964 oleh tokoh hak-hak sipil Jim Brown (Aldis Hodge), Malcolm X (Kingsley Ben-Adir), Muhammad Ali (Eli Goree), dan Sam Cooke (Leslie Odom Jr) di rumah Hampton Miami, setelah kekalahan Ali dari sesama petinju Sonny Liston. Berdasarkan drama Kemp Powers tahun 2013 dengan nama yang sama, film King dinominasikan untuk tiga Academy Awards, termasuk Skenario Adaptasi Terbaik dan Aktor Pendukung Terbaik untuk Odom Jr.

2. Tape (2001)

Diadaptasi dari drama Stephen Belber tahun 1999, Tape diawali adegan dalam kamar hotel saat tiga mantan teman sekolah (Ethan Hawke, Uma Thurman, dan Robert Sean Leonard) bertemu. Mereka kemudian mengulangi trauma dan drama yang terkubur dari masa remaja mereka.

3. The Lighthouse (2019)

Dalam karya periode menyeramkan ini, dua pria yang diperankan oleh Robert Pattinson dan Willem Dafoe mengambil pekerjaan penjaga mercusuar jarak jauh, dan mulai kehilangan pegangan hidup saat konflik menegangkan mulai terjadi di antara mereka. Film ini mendapat apresiasi karena genre yang sulit dijabarkan.

4. Funny Games (1997)

Thriller dari Austria ini menceritakan dua pria bernama Paul (Arno Frisch) dan Peter (Frank Giering), yang menyandera keluarga lokal dan membuat mereka mengambil bagian dalam permainan hidup atau jelang kematian yang menyiksa. Film ini sering kali mengacaukan perasaan penonton tentang realitas, karena Paul secara teratur mendobrak tembok dan tampaknya berbicara langsung kepada penonton.

5. Saw (2004)

Saw diawali saat dua pria (Cary Elwes dan rekan penulis film ini, Leigh Whannell) terbangun dan mereka dirantai di kamar mandi bawah tanah. Mereka mencoba menemukan apa yang terjadi, setelah penculiknya mengancam mereka dengan kematian.

Masih banyak film lain yang hanya melakukan pengambilan gambar di satu lokasi, di antaranya yakni Stagecoach (1939), Last Year at Marienbad (1961), My Dinner with Andre (1981), Ex Machina (2014), dan The Bitter Tears of Petra von Kant (1972).

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement