Saturday, 18 Safar 1443 / 25 September 2021

Saturday, 18 Safar 1443 / 25 September 2021

 Al-Ghafiqi, Pemimpin Pasukan Muslim Penaklukan Prancis

Selasa 25 May 2021 16:10 WIB

Red: Agung Sasongko

Ilustrasi Panglima Perang Pasukan Dinasti Umayyah.

Ilustrasi Panglima Perang Pasukan Dinasti Umayyah.

Foto: MgIt03
Ghafiqi adalah satu-satunya pemimpin Muslim yang berhasil memperluas wilayah di Eropa

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Penaklukan Islam di Andalusia pada 711 M terjadi di bawah kepemimpinan Tariq bin Ziyad. Penaklukan berlanjut di luar tanah Goth (sekarang Spanyol), untuk mencapai wilayah kaum Frank (Prancis) dan mencapai negara bagian Septimania (di barat Prancis sekarang).

Namun, setibanya mereka di kota Lyon Prancis, datang utusan Khalifah Umayyah Al-Walid bin Abdul Malik kepada Tariq bin Ziyad dan Musa bin Nushair. Keduanya diperintah untuk menghentikan operasi militer dan kembali ke ibu kota Damaskus. Dengan demikian penaklukan berhenti pada titik ini.

Baca Juga

Pada 719 M, di era Khalifah Umar bin Abdul Aziz, Al-Samh bin Malik Al-Khawlani ditunjuk untuk mengerjakan rekonstruksi Andalusia, lalu diperintah pergi ke negara bagian Septimania pada tahun 720 M untuk menjadi pangkalan penaklukan Islam di Eropa kembali.

Setelah mencaplok semua basis Septimania, Al-Samh menuju ke timur untuk terlibat dalam pertempuran dengan Kerajaan Aquitaine, dan menuju ke ibu kotanya, Toulouche (Toulouse) di barat daya Prancis. Penguasa Kerajaan Aquitaine saat itu adalah Udo, yang membentuk pasukan besar dan berbaris untuk perang. Banyak Muslim yang terbunuh, termasuk Al-Samh terbunuh. Tentara Islam kembali ke Septimania pada tahun 721 Masehi.

Dalam situasi sulit ini, pemimpin yang dipilih untuk menggantikan Al-Samh adalah Abdul Rahman bin Abdullah Al-Ghafiqi, sampai penguasa baru datang dari negara Umayyah. Al-Ghafiqi menghabiskan waktu singkat dalam pemerintahan Andalusia, di mana ia mampu menegakkan aturan Muslim di Septimania dan pusatnya.

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA