Selasa 25 May 2021 13:48 WIB

6 Alasan Kenapa Kentang Baik untuk Anda

Beberapa orang menghindari kentang karena khawatir penambahan BB, benarkah itu?

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Qommarria Rostanti
Kentang bai untuk kesehatan (ilustrasi).
Foto: Needpix
Kentang bai untuk kesehatan (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Mengonsumsi kentang sebagai pengganti nasi kerap dilakukan oleh orang yang sedang diet. Nyatanya, kentang memang kaya nutrisi dan vitamin yang bermanfaat baik bagi kesehatan tubuh.

Dilansir di laman Independent, Selasa (25/5), berikut enam alasan mengapa kentang baik untuk Anda:

1. Vitamin C

Orang biasanya mengasosiasikan vitamin C dengan buah jeruk. Tetapi sumber penting vitamin C dalam makanan Inggris selama sebagian besar abad ke-20 sebenarnya berasal dari kentang. Rata-rata, kentang kecil (150 gram) memberi kita sekitar 15 persen vitamin C harian Anda.

2. Vitamin B6

Beberapa orang menghindari kentang karena khawatir akan penambahan berat badan (BB), tetapi kentang rebus biasanya hanya mengandung sekitar 130 kalori.

Vitamin B6 adalah faktor pendamping penting (molekul kecil) di dalam tubuh. Ini membantu lebih dari 100 enzim dalam tubuh berfungsi dengan baik, membantu fungsi saraf, dan berkontribusi pada kesehatan mental yang baik.

3. Kalium

Kalium penting untuk mengatur sinyal listrik di otot dan saraf. Jika jumlah kalium dalam tubuh terlalu tinggi atau rendah, itu bisa menghentikan kerja jantung Anda.

4. Kolin

Kolin adalah senyawa kecil yang menempel pada lemak untuk membuat fosfolipid, penyusun dinding sel, serta neurotransmitter asetilkolin yang membantu kita mengencangkan otot, melebarkan pembuluh darah, dan memperlambat detak jantung.

Kentang mengandung tingkat kolin tertinggi kedua, setelah makanan kaya protein, seperti daging, dan kedelai.

5. Pati resisten

Memasak dan mendinginkan kentang sebelum memakannya memungkinkan terbentuknya pati resisten. Pati sehat ini membantu tubuh dalam banyak hal, termasuk dengan bertindak sebagai prebiotik yang penting untuk mikrobioma usus yang sehat.

6. Bebas gluten

Kentang juga secara alami bebas gluten, jadi merupakan pilihan yang bagus untuk penderita penyakit celiac atau yang perlu menghindari gluten. Selain kentang, ubi jalar juga secara alami bebas gluten dan  memiliki indeks glikemik lebih rendah. Namun, ubi jalar sedikit lebih tinggi kalori dan karbohidratnya daripada kentang biasa, meski mengandung lebih banyak beta karoten, salah satu bentuk vitamin A.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement