Selasa 25 May 2021 13:12 WIB

Gerakan Konsumen Global Boikot Delapan Produk Israel

Aksi boikot ini membuat eksportir mengeluh sulit menjual produknya ke negara lain.

Rep: Novita Intan/ Red: Agus Yulianto
Boikot produk Israel.
Foto: Reuters
Boikot produk Israel.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Konsumen global mulai memboikot produk-produk Israel. Hal ini mendorong perusahaan ritel berhenti menjual produk dari perusahaan yang mengambil untung dari aksi Israel di Palestina.

Mengutip laman gerakan internasional pendukung Palestina untuk kebebasan, keadilan, dan kesetaraan, Boycott, Divestment, and Sanctions Movement (BDS), Selasa (25/5), aksi boikot ini disebut membuat eksportir mengeluh karena sulit menjual produknya ke negara lain.

Seruan boikot ini dilakukan oleh Komite Nasional Boikot, Divestasi, dan Sanksi (BNC). Mereka menyerukan boikot untuk sejumlah perusahaan dan produk yang berdampak maksimal. 

Artinya, boikot difokuskan pada perusahaan yang memainkan peran yang jelas dan langsung dalam aksi Israel. Namun, belum ada tanggapan atau pernyataan dari produk-produk tersebut terkait aksi pemboikotan ini.

Berikut produk dan merek yang masuk dalam daftar boikot, antara lain: 

  1. AXA. AXA berinvestasi di bank Israel dan membiayai pencurian tanah hingga sumber daya di Palestina. Karena itu, BNC menyerukan untuk tidak membeli polis asuransi AXA.

2. Hewlett Packard (HP). HP disebut-sebut membantu menjalankan ID biometrik yang digunakan Israel untuk membatasi pergerakan Palestina.

3. Puma. Puma mensponsori asosiasi sepak bola di Israel. Hal ini mencakup tim-tim di permukiman ilegal Israel di tanah Palestina.

4. Soda Stream. Soda Stream terlibat dalam kebijakan Israel menggusur penduduk asli Bedouin-Palestina di Israel di Naqab (Negev). Perusahaan itu memiliki sejarah panjang dan penganiayaan dan diskriminasi terhadap pekerja Palestina.

5. Ahava. Kosmetik Ahava memiliki tempat produksi, pusat pengunjung, dan toko utama di permukiman ilegal Israel.

6. Sabra. Sabra hummus merupakan perusahaan patungan antara PepsiCo dan Strauss Group, perusahaan makanan Israel yang memberikan dukungan finansial kepada tentara Israel.

7. Pillsbury. Produk Pillsbury dibuat di atas tanah Palestina yang dicuri di permukiman ilegal Israel.

8. Buah dan sayur dari Israel

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement