Thursday, 19 Zulhijjah 1442 / 29 July 2021

Thursday, 19 Zulhijjah 1442 / 29 July 2021

In Picture: Karya Tanda Cinta Siswa SDIF Al Fikri untuk Palestina

Selasa 25 May 2021 12:26 WIB

Red: Yogi Ardhi

Siswa-siswi SDIF Al Fikri menyisihkan sebagian uang ke celengan sejak Ramadan.

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK -- Siswa dan siswi Sekolah Dasar (SD) Sekolah Islam Fitrah (SIF) Al Fikri menggalang donasi kemanusiaan melalui Celengan Sedekah Ramadan 1442 untuk membantu Rakyat Palestina, Senin (24/5). Penyaluran donasi yang dilakukan melalui Dompet Dhuafa digelar di Sekolah Islam Fitrah (SIF) Al Fikri, Sukamaya, Depok , Jawa Barat.

Proses donasi yang dilakukan para siswa - siswi SDIF Al Fikri sejak Ramadan dengan menyisihkan sebagian uang ke celengan yang telah di hias sesuai kreatifitas siswa - siswi. Mereka juga menambahkan hiasan pada celengan tersebut dengan gambar, pesan, maupun kerajinan tangan, agar tampilannya menarik dan syarat makna. Untuk kemudian mereka donasikan melalui Dompet Dhuafa.

“Palestina sedang dijajah, kasihan mereka mungkin tidak bisa sholat sekarang,“Aku lupa sisihkan berapa di celengan itu, seingat ku Rp200.000 (dua ratus ribu rupiah),” sebut Laika, siswi kelas 5 SDIF Al Fikri. Kepolosan anak usia 11 tahun itu pun tak menutup ketulusannya. Ia ungkapkan bahwa kesedihan yang merundung anak-anak Palestina, juga dalam keadaan sulit menjalankan ibadah."ucap Atira, siswi kelas 1 SDIF Al Fikri.

"Kami bersama Dompet Dhuafa untuk kolaborasi program terbiasa diawali dengan program edukasi. Ada yang berupa kegiatan Dongeng Ceria di kelas dengan materi kemanusiaan termasuk bencana alam. Sehingga, menjadikan hal tersebut sebagai salah satu bentuk rasa syukur dari SDIF Al Fikri Depok yang memantik energi positif untuk membentang kebaikan siswa-siswi." lanjut Nury.

Terhitung hasil donasi sementara siang itu dari celengan adik-adik SDIF Al-Fikri sejumlah Rp. 21.142.400,00. Selebihnya donasi para guru, wali murid serta siswa melalui cashless/transfer, dan masih terus berjalan hingga beberapa hari kedepan

Dompet Dhuafa terus menggulirkan bantuan bagi warga Palestina dengan mengedepankan program-program kemanusiaan yang bermanfaat secara jangka panjang antara lain mendirikan foodbank, fasilitas air bersih serta logistik dan layanan kesehatan serta shelter pengungsi. Sejak pertengahan 2019, Dompet Dhuafa hadir untuk membagikan makanan bagi warga Gaza Palestina atau korban konflik akibat peperangan di Palestina. Setidaknya 500 porsi makanan dibagikan setiap harinya guna memenuhi gizi dan nutrisi yang dibutuhkan para korban dan masyarakat di Palestina untuk terus bertahan hidup.

Selain itu Dompet Dhuafa Menyiapkan fasilitas air bersih sebagai kebutuhan dasar masyarakat Palestina. Salah satu masalah yang dihadapi oleh masyarakat palestina diantaranya akses air bersih dan layak konsumsi. Warga Gaza sehari-harinya mengkonsumsi air dengan tingkat salinitas tinggi bahkan terkontaminasi zat-zat berbahaya. Ditengah segala keterbatasan itu,Dompet Dhuafa juga Menyiapkan kebutuhan dasar untuk para korban yang mengungsi untuk bisa bertahan hidup dan menjaga kesehatan diri dan keluarganya di dalam shelter yang telah disediakan.

 

 

Sumber : Dok DD
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES