Friday, 10 Safar 1443 / 17 September 2021

Friday, 10 Safar 1443 / 17 September 2021

Moyes Girang West Ham ke Kualifikasi Liga Europa

Selasa 25 May 2021 05:24 WIB

Rep: Hartifiany Praisra/ Red: Gilang Akbar Prambadi

Manajer West Ham David Moyes.

Manajer West Ham David Moyes.

Foto: EPA-EFE/Andrew Couldridge
West Ham mampu finish di peringkat keenam klasemen.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Manajer West Ham, David Moyes memuji pencapaian tim di akhir musim. West Ham finis di posisi ke enam dan masuk ke kualifikasi Liga Europa.

West Ham menutup Liga Primee Inggris dengan menang 3-0 atas Southampton, Senin (24/5). Dua gol dicetak oleh Pablo Fornals dan gol penutup dari Declan Rice. 

"Ini pencapaian besar dari tempat kami berada, melompat sejauh ini benar-benar sesuatu yang besar," kata Moyes dilansir dari laman Sky Sports.

Moyes menyebut tanda-tanda West Ham sampai ke titik ini sudah ada sejak musim lalu. Bahkan tak sedikit dari publik yang memprediksi kesuksesan tersebut.

"Ini tahun yang sulit dalam sepak bola, tetapi secara keseluruhan ini tahun yang baik bagi kami," kata Moyes.

Eks pelatih Everton ini mengakui pemain memiliki visi yang luar biasa untuk klub dan membuktikannya dengan kerja keras tim. Moyes menyebut posisi ini merupakan hasil yang pantas bagi timnya.

"Kami harus menerimanya dan menjaga standar yang telah kami tetapkan. Jika saya memiliki skuad yang sama musim depan saya pikir kami bisa terus sukses. Saya berharap bisa menambah karakter serupa ke skuad musim depan," kata Moyes.

Hal ini pun membuat spekulasi tentang Declan Rice semakin jelas di tim. Sejak bergabung pada 2014, Rice berkembang pesat dan menduduki puncak statistik klub dalam operan, tekel, dan intersep musim ini.

Pemain berusia 22 tahun ini tumbuh di akademi Chelsea selama tujuh tahun dan memiliki kontrak jangka panjang dengan West Ham hingga 2024. Klub pun memiliki  opsi untuk memperpanjang kontraknya satu tahun lagi.

Namun Rice dikaitkan dengan sejumlah klub seperti Chelsea, Manchester City dan Manchester United di bursa transfer musim panas ini. Namunu Moyes menegaskan bahwa dia tidak akan menjual pemainnya.

"Saya, David Sullivan, dan David Gold (jajaran pemilik West Ham) tidak memiliki niat untuk kehilangan Declan Rice. Kami baru saja lolos ke Eropa dan ini pencapaian yang brilian. Declan telah mengambil bagian penting dari itu dan kami ingin dia mengambil bagian yang sama musim depan," tegas Moyes.

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA