Selasa 25 May 2021 02:01 WIB

KIPI Terima 30 Laporan Kematian Terkait Vaksinasi Covid-19

Sebanyak 27 kasus terkait Sinovac dan dan tiga terkait AstraZaneca.

Foto: Infografis Republika.co.id
30 Laporan Kematian Terkait Vaksinasi Covid-19

REPUBLIKA.CO.ID, Komisi Nasional Kejadian Ikutan Pasca-Imunisasi (Komnas KIPI), dalam rapat dengan Komisi IX DPR, Kamis (20/5) mengungkapkan, pihaknya menerima 30 laporan kematian terkait vaksinasi Covid-19. Sebanyak 27 kasus terkait Sinovac dan dan tiga terkait AstraZaneca.

 
Sinovac
 
Berdasarkan hasil analisis, sebanyak sepuluh kasus di antaranya terinfeksi Covid-19, 14 lainnya karena penyakit jantung dan pembuluh darah, satu orang karena gangguan fungsi ginjal secara mendadak serta dua orang sisanya didiagnosis mengalami diabetes melitus dan hipertensi yang tidak terkontrol.
 
Dari total 27 laporan kasus kematian diduga terkait vaksin Sinovac di Indonesia KIPI memastikan tidak disebabkan vaksinasi Covid-19.
 
AstraZaneca 
 
KIPI menerima tiga laporan kematian. Perinciannya, seorang pria berusia 60 tahun berprofesi sebagai pengendara ojek daring didiagnosis memiliki radang paru. Yang kedua, lansia di Ambon yang meninggal karena positif Covid-19.
Satu kasus kematian lainnya masih dalam proses investigasi Komnas KIPI bersama BPOM dan Kemenkes, yakni kasus almarhum Trio Fauqi Virdaus (22) di Buaran, Duren Sawit, Jakarta Timur.
 
KIPI menetapkan dua kasus kematian tidak disebabkan vaksinasi AstraZaneca. Sementara terkait kasus Trio, Komnas KIPI masih melakukan proses investigasi.
 
sumber: Komnas KIPI

pengolah Andri Saubani

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement