Tuesday, 21 Safar 1443 / 28 September 2021

Tuesday, 21 Safar 1443 / 28 September 2021

Ini 5 Kandidat Pelatih Terbaik Liga Primer Inggris Musim Ini

Senin 24 May 2021 22:40 WIB

Rep: Eko Supriyadi/ Red: Israr Itah

Pelatih kepala Leeds United Marcelo Bielsa jadi salah satu kandidat pelatih terbaik musim ini di Liga Inggris.

Pelatih kepala Leeds United Marcelo Bielsa jadi salah satu kandidat pelatih terbaik musim ini di Liga Inggris.

Foto: Gareth Copley / Pool via AP
Pep Guardiola menempati urutan teratas setelah membawa Manchester City juara liga.

REPUBLIKA.CO.ID, MANCHESTER -- Liga Primer Inggris musim 2020/2021 sudah selesai, dengan Manchester City tampil sebagai juara. Ada beberapa klub yang mengalami peningkatan dari musim lalu, ada pula yang sebaiknya. Semua itu tidak terlepas dari kinerja pelatih masing-masing klub. 

Penilaian terhadap pelatih terbaik musim ini lazim mempertimbangkan trofi yang diraih. Namun, trofi tak melulu jaminan. Jika dinilai bisa memaksimalkan potensi tim yang pas-pasan, seorang pelatih bisa terpilih. Berikut calon pelatih terbaik Liga Inggris musim ini, dikutip dari Guardian, Senin (24/5) :

Baca Juga

Pep Guardiola

Untuk urutan teratas tentu saja Pep Guardiola, yang membawa Manchester City sebagai kampiun. Guardiola bahkan berpeluang membawa City menjuarai Liga Champions, setelah lolos ke final musim ini melawan Chelsea. Dalam dua musim, mantan pelatih Barcelona itu pernah membawa City mengoleksi 198 poin. Ini catatan tertinggi dalam sejarah sepak bola Inggris. Tiga gelar liga dalam empat musim, membuatnya jadi salah satu pelatih terbaik dalam sejarah manajerial sepak bola Inggris.

Ole Gunnar Solskjaer

Dalam lima calon pelatih terbaik di sini, pilihan paling kontroversial adalah Ole. Namun, Ole tak bisa dikesampingkan, setelah membawa Manchester United finis di posisi kedua liga, serta lolos ke final Liga Europa. Memang, MU tidak meraih banyak prestasi lagi. Tapi Solskjaer populer di kalangan fan. Membeli pemain bintang seperti Bruno Fernandes. Statusnya sebagai legenda klub juga membuat posisinya relatif aman.

Marcelo Bielsa

Performa Leeds United musim ini memang tidak seperti yang diharapkan. Era emas klub di bawah pelatih Don Revie dan Howard Wilkinson, belum terlihat. Leeds di bawah Bielsa memang tidak sekuat dua pendahulunya tersebut. Statistik membuktikan itu. Tapi, mereka tampil mengesankan saat memulai kompetisi, meskipun dikalahkan Liverpool 4-3. Ia pun memperkuat lini pertahanan, dan skuadnya terlihat lebih baik dan cocok dengan Liga Inggris dibandingkan di sebagai klub Championship.

Lulusan pemain dari Divisi Championship, seperti Liam Cooper, Kalvin Phillips, Patrick Bamford, khususnya Stuart Dallas, cukup tampil impresif. Sementara Rapinha dan Rodrigro juga jadi tambahan yang cukup membantu.

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA