Selasa 25 May 2021 04:40 WIB

Menemukan Berbagai Keindahan Islam (Bagian I)

Keindahan yang didapatkan dalam Islam yang membedakan dari agama lain.

Rep: Alkhaledi Kurnialam/ Red: Esthi Maharani
Ilustrasi Lafadz Allah
Foto: Foto : MgRol112
Ilustrasi Lafadz Allah

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Akan ada banyak versi atau pendapat seseorang jika ditanya tentang keindahan Islam menurut pribadi seorang Muslim. Keindahan yang didapatkan dalam Islam yang membedakan dari agama lain.

Dilansir dari About Islam, Ahad (23/5), ada berbagai sisi keindahan dalam ajaran Islam. Berikut belasan keindahan Islam menurut situs tersebut:

1. Kesederhanaan Konsep Tuhan

Tauhid dalam Islam berfokus pada keesaan Allah dan tanpa perantara untuk bertobat. Allah SWT berfirman dalam Alquran yang artinya:

Katakanlah (Muhammad),

“Siapakah Tuhan langit dan bumi?”

Katakanlah,“Allah.” Katakanlah, “Pantaskah kamu mengambil pelindung-pelindung selain Allah, padahal mereka tidak kuasa mendatangkan manfaat maupun menolak mudarat bagi dirinya sendiri?”

Katakanlah, “Samakah orang yang buta dengan yang dapat melihat?

Atau samakah yang gelap dengan yang terang? Apakah mereka menjadikan sekutu-sekutu bagi Allah yang dapat menciptakan seperti ciptaan-Nya sehingga kedua ciptaan itu serupa menurut pandangan mereka?”

Katakanlah,“Allah adalah Pencipta segala sesuatu dan Dia Tuhan Yang Maha Esa, Mahaperkasa.” (Q.S. Ar-Ra'd:16)

2. Konsep Ibadah yang Jelas

Islam adalah cara hidup yang lengkap, dan karenanya mengharuskan orang-orang beriman untuk mengikuti ajaran Alquran dan Sunnah dalam segala hal, termasuk cara beribadah.  Islam mengatur kehidupan manusia di semua tingkatan. Semua aktivitas adalah bentuk ibadah, asalkan dilakukan sesuai dengan petunjuk dan petunjuknya.

Allah telah memberi tahu kita bagaimana menyembah-Nya, dan memberi Nabi Muhammad wahyu, dan menjadikannya guru yang sempurna bagi kita.  Cara ibadah seorang Muslim didefinisikan dengan jelas di dalam Alquran dan Sunnah.

3. Hubungan Pribadi dengan Allah

Setiap individu memiliki hubungan pribadi dengan Allah.  Tidak ada mediator untuk berbicara atas nama-Nya dan jika seseorang membutuhkan sesuatu, hanya harus meminta kepada Allah secara langsung.

Hubungan dengan tuhan adalah masalah pribadi, dan tidak ada orang lain yang memiliki kemampuan untuk mengganggu hidup Anda, dan hubungan Anda dengan Pencipta Anda.  Allah maha penyayang dan lebih penyayang dan baik daripada seorang ibu bagi anaknya.  Cintanya tidak bisa dibandingkan dengan yang lain untuk ciptaan-Nya. Kita berbicara sebagai individu, langsung kepada-Nya.

Allah berfirman yang artinya:

"Dan Kami telah menciptakan manusia dan mengetahui apa yang dibisikkan oleh jiwanya kepadanya, dan Kami lebih dekat dengannya daripada urat lehernya." (Q.S. Qaf :16)

4. Alquran Panduan Hidup Umat Manusia

Alquran adalah wahyu ilahi yang diberikan kepada Nabi Muhammad SAW sebagai instruksi manual bagi kita yang memberi tahu bagaimana menjalani hidup. Islam adalah cara hidup, dan tidak ada yang layak untuk memberi tahu kita apa yang baik atau berbahaya bagi kita selain Allah, lagipula Dia menciptakan kita, dan Dia tahu yang terbaik.

Allah berfirman:

"Dan Kami turunkan kepadamu Al Kitab (Al Quran) untuk menjelaskan segala sesuatu dan petunjuk serta rahmat dan kabar gembira bagi orang-orang yang berserah diri." (Q.S. An-Nahl: 89)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement