Senin 24 May 2021 20:01 WIB

Astronom Temukan Galaksi Spiral Tertua

Galaksi ini terbentuk 12,4 miliar tahun lalu.

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Dwi Murdaningsih
Galaksi spiral.
Foto: SDSS
Galaksi spiral.

REPUBLIKA.CO.ID, SANTIAGO -- Teleskop Atacama Large Millimeter/ submillimeter Array (ALMA) di Chile mendapatkan gambar galaksi spiral tertua yang diketahui para ilmuwan. Galaksi ini terbentuk 12,4 miliar tahun lalu. Galaksi kuno ini bernama BRI 1335-0417.

Gambar tersebut terkenal karena menunjukkan bahwa galaksi spiral terbentuk secepat 1,4 miliar tahun setelah Big Bang. Foto-foto seperti ini pada dasarnya melihat ke masa lalu. Sebab, manusia melihatnya seperti lebih dari satu miliar tahun yang lalu karena jumlah waktu yang dibutuhkan cahayanya untuk mencapai kita.

Baca Juga

Dilansir di Slash Gear, Senin (24/5), Astronom Dr. Kai Noeske mengatakan, foto tersebut menunjukkan bahwa galaksi mulai menyerupai galaksi modern kira-kira 1 miliar tahun lebih awal dari yang diyakini sebelumnya.  

Para ilmuwan mengatakan galaksi spiral adalah bentuk galaksi yang lebih dewasa. Pada tahap awal galaksi, materi gelap menyatukan gas panas dalam gumpalan yang membentuk bintang.  

Bintang-bintang kemudian bergabung bersama untuk menciptakan galaksi yang lebih besar yang pada awal kehidupan mereka berubah bentuk.  Akhirnya, galaksi mulai berputar, menciptakan bentuk seperti cakram.

Galaksi spiral terjadi ketika piringan itu mulai diganggu. Noeske mengatakan bahwa selain indah dipandang, lengan spiral juga memampatkan gas untuk menjadi katalisator pembentukan bintang baru.  

Saat ini, para ilmuwan percaya pembentukan galaksi mencapai puncaknya sekitar 3,3 miliar tahun setelah Big Bang ketika sebagian besar bintang yang ada di alam semesta terbentuk.

Sungguh mengejutkan bahwa BRI 1335-0417 telah memiliki struktur yang mirip dengan galaksi di dekatnya jauh sebelum fase aktif pembentukan galaksi. Sebelum menemukan BRI 1335-0417, galaksi tertua yang diketahui terbentuk 2,5 miliar tahun setelah Big Bang. Itu membuat BRI 1335-0417 lebih tua sekitar 1 miliar tahun.

Penemuan baru ini mengubah pengetahuan ilmiah tentang bagaimana dan kapan galaksi terbentuk dan berevolusi menjadi apa yang kita lihat sekarang. Para astronom mencatat bahwa meskipun BRI 1335-0417 adalah galaksi spiral tertua yang diketahui, itu bukan galaksi tertua yang pernah diamati.  

Galaksi tertua yang pernah diamati adalah galaksi bernama GNz11 yang terlihat pada Desember lalu yang terbentuk 13,4 miliar tahun lalu, hanya 400 juta tahun setelah Big Bang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement