Senin 24 May 2021 14:05 WIB

7 Cara Agar Tidur Berkualitas Selama Kehamilan

Gangguan tidur ada kalanya menerpa ibu hamil.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Reiny Dwinanda
Sulit tidur saat hamil (Ilustrasi)
Foto: Republika/Wihdan
Sulit tidur saat hamil (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kehamilan menghadirkan banyak tantangan bagi calon ibu, salah satunya gangguan tidur. Dengan kecamuk perasaan senang, cemas, juga pengaruh hormonal dan perubahan fisik, ibu hamil bisa kesulitan mendapat tidur berkualitas.

Untuk mengatasinya, ada beberapa strategi perilaku kognitif yang disinyalir dapat membantu meningkatkan kualitas tidur. Berikut tujuh saran untuk ibu hamil dari pakar insomnia Inggris, Tracy Hannigan, dikutip dari laman Female First, Senin (24/5).

Baca Juga

- Manfaatkan bantal

Saat perut membesar, ibu hamil mungkin disarankan untuk tidak tidur telentang. Supaya tidur menyamping terasa nyaman, gunakan bantal untuk menopang badan. Bisa menyelipkan di antara lutut atau meletakkan bantal di antara perut dan kasur.

- Stok camilan

Sebagian ibu hamil sering lapar atau mengalami mual di malam hari. Menyediakan camilan di meja samping tempat tidur bisa menjadi penyelamat saat larut. Trik ini dapat membantu menghindari perjalanan ke dapur atau ke lemari es.

- Tetap aktif

Sepanjang dokter atau bidan mengatakan aman untuk berolahraga selama kehamilan, teruslah aktif bergerak. Lebih banyak olahraga di siang hari dapat membantu menciptakan dorongan tidur, sehingga memungkinkan tertidur lebih cepat di malam hari.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement