Senin 24 May 2021 12:17 WIB

Satgas Covid-19 Sisir Kerumunan di Pantai Palabuhanratu

Hasil pantauan tidak terjadi kerumunan di Pantai Palabuhanratu pada Ahad siang.

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Bilal Ramadhan
Polres Sukabumi menggelar operasi yustisi penegahan disiplin Covid-19 di kawasan Palabuhanratu.
Foto: dok Polres Sukabumi
Polres Sukabumi menggelar operasi yustisi penegahan disiplin Covid-19 di kawasan Palabuhanratu.

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI -- Satgas Covid-19 Kabupaten Sukabumi bergerak cepat menangani informasi kerumunan di lokasi wisata Pantai Palabuhanratu, Ahad (23/5). Hasilnya kerumunan warga bisa diatasi dan pengunjung diminta untuk segera ke rumahnya masing-masing.

Sebelumnya, beredar kabar di media sosial terkait kerumuman wisatawan di Pantai Palabuhanratu. Hal ini disikapi Satgas Covid dan Kapolres Sukabumi AKBP lukman Syarif yang memimpin langsung jalannya penanganan pencegahan penyebaran Covid -19 bersama jajaran TNI dan Pemerintah Kabupaten Sukabumi.

"Setiap informasi dari masyarakat akan ditindaklanjuti dan melakukan crosscheck langsung kebenaran informasi tersebut," ujar Herdy Somantri aelaku koordinator satuan tugas Pusat Informasi dan Koordinasi Covid-19 dalam keterangan persnya, Ahad (23/5).

Di mana pihaknya melakukan koordinasi kepada petugas yang sudah berada di titik-titik pusat keramaian tempat wisata. Misalnya bersama Kapolres Sukabumi memantau langsung ke lokasi wisata. Hasil pantauan di lapangan menurut Herdiy, kondisi di sepanjang pantai Palabuanratu tidak terjadi kerumunan pada Ahad siang.

Walaupun ada beberapa wisatawan lokal yang masih berada di tempat wisata. Selanjutnya petugas gabungan di terjunkan mulai dari Polisi, TNI, Pol PP, Dinas Kesehatan, Dinas Pariwisata, BPBD dan seluruh perangkat daerah terkait, bahkan seluruh Camat diwilayah Kabupaten Sukabumi melakukan penyisiran untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19.

"Beberapa petugas kesehatan juga disiapkan untuk melakukan test antigen di beberapa titik lokasi tempat wisata dengan sistem random," ungkap Herdy.

Ia mengimbau masyarakat untuk tetap menjalankan protokol kesehatan seperti menggunakan masker dan menjaga jarak serta mencegah kerumunan. Sebab lanjut Herdy, kesehatan lebih penting dan sangat berharga. "Semoga saja usai liburan ini tidak terjadi peningkatan kasus Covid-19," imbuh dia.

Herdy berharap warga membantu upaya untuk memerangi Covid-19. Misalnya bagi masyarakat yang telah mengadakan perjalanan dari luar Sukabumi agar melakukan pemeriksaan swab atau PCR.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement