Senin 24 May 2021 10:41 WIB

BTS Sapu Bersih Penghargaan Billboard Music Awards

Untuk pertama kalinya BTS menang lebih dari dua kategori di BBMAs.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Indira Rezkisari
Boyband BTS
Foto: EPA
Boyband BTS

REPUBLIKA.CO.ID, SEOUL — Boy band K-pop BTS memenangkan empat penghargaan, termasuk gelar utama Top Selling Song, di Billboard Music Awards (BBMAs) tahun ini. Kemenangan itu merupakan yang terbanyak bagi BTS di acara tersebut.

Grup beranggotakan tujuh orang itu dianugerahi penghargaan kategori Top Selling Song, Top Duo/Group, Top Song Sales Artist, dan Top Social Artist, yang dipilih penggemar selama upacara BBMAs yang disiarkan langsung dari Microsoft Theater di Los Angeles, Ahad (23/5) waktu setempat. Dilansir The Korea Herald pada Senin (24/5), ini pertama kalinya BTS memenangkan lebih dari dua gelar di BBMAs. Pada 2019, mereka membawa pulang penghargaan Top Duo/Group dan Top Social Artist.

Baca Juga

BTS masuk dalam daftar pemenang prarilis dalam tiga kategori Top Duo/Group, Top Song Sales Artist, dan Top Social Artist yang dipilih penggemar, sementara itu mereka juga mendapat penghargaan Top Selling Song dengan megahit "Dynamite" pada upacara BBMAs.

Lagu “Dynamite” menduduki puncak kategori Top Selling Song bersaing dengan "I Hope" oleh Gabby Barrett ft. Charlie Puth, "WAP" oleh Cardi B ft Megan Thee Stallion, "Savage" oleh Megan Thee Stallion ft. Beyonce, dan "Blinding Lights" oleh The Weeknd.

Dirilis musim panas lalu, "Dynamite,” yang merupakan karya bahasa Inggris pertama BTS adalah lagu pertama artis Korea yang debut di No. 1 di chart single utama Billboard, dan mendapatkan nominasi Grammy. BTS mendapatkan kembali trofi Top Duo/Group sejak kemenangan pertamanya pada 2019. Grup itu bersaing memperebutkan gelar itu dengan band rock Amerika AC/DC, trio pop indie AJR, duo musik country Amerika Dan + Shay, dan band pop rock Maroon5.

Di kategori Top Song Sales Artist, BTS mengalahkan Justin Bieber, Megan Thee Stallion, Morgan Wallen, dan The Weeknd. Ini adalah pertama kalinya BTS memperebutkan hadiah yang diberikan kepada artis dengan lagu-lagu terlaris.

Boy band itu juga memenangkan penghargaan Top Social Artist untuk tahun kelima berturut-turut, mengalahkan grup K-pop Blackpink dan Seventeen, bintang pop Ariana Grande, dan boy band Filipina SB19. Di BBMA tahun ini, BTS mendapatkan empat nominasi, terbanyak untuk grup yang pernah ada. Mereka menerima nominasi BBMAs pertamanya pada 2017 untuk kategori Top Social Artist.

Grup beranggotakan RM, Jin, Suga, J-hope, V, Jimin, dan Jungkook itu mengaitkan beberapa kemenangan BBMAs dengan dukungan dari basis penggemar globalnya, Army. "Sungguh luar biasa bisa dinominasikan sebagai Top Social Artist selama lima tahun berturut-turut. Terima kasih atas dukungan Anda yang tiada henti,” kata rapper J-Hope di media sosial.

BTS menampilkan penampilan pertama dari rilisan terbarunya "Butter" di upacara penghargaan BBMAs.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement