Senin 24 May 2021 07:10 WIB

Rumah Tahan Gempa di Sukabumi Jadi Percontohan Nasional

Rumah tahan gempa di Sukabumi dinilai aman dan tak memerlukan biaya yang mahal

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Gita Amanda
Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi saat meninjau permodelan perkuatan rumah aman gempa (Retrofitting) berbasis masyarakat yang digagas PMI di Kelurahan/Kecamatan Baros,  (ilustrasi).
Foto: istimewa
Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi saat meninjau permodelan perkuatan rumah aman gempa (Retrofitting) berbasis masyarakat yang digagas PMI di Kelurahan/Kecamatan Baros, (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI -- Rumah tahan gempa di Kelurahan/Kecamatan Baros, Kota Sukabumi, akan dijadikan percontohan nasional. Sebab rumah ini dinilai aman dari gempa dan tidak memerlukan biaya yang mahal.

Hal ini misalnya disampaikan Palang Merah Indonesia (PMI) Pusat bersama Tim dari Palang Merah Amerika (Amcross) disela-sela melakukan kunjungan lapangan dan open house permodelan perkuatan rumah aman gempa atau retrofitting di Kelurahan Baros, pada Rabu (19/5) lalu. Kunjungan lapangan tersebut diikuti pengurus PMI Kota Sukabumi, lurah dan camat Baros, serta mitra program yakni perangkat daerah pada Pemerintah Kota Sukabumi.

Baca Juga

Permodelan perkuatan rumah aman gempa atau retrofitting di Kelurahan Baros diterapkan pada rumah salah seorang warga. ''Kami berterima kasih kepada PMI dan Amcross karena dijadikan contoh rumah tahan gempa,'' ujar warga yang rumahnya dijadikan percontohan rumah aman gempa, Unang (40), Ahad (23/5) lalu.

Ia juga mempersilakan setiap pihak yang ingin mempelajari rumah tahan gempa untuk berkunjung ke rumahnya, sehingga model rumah aman gempa ini dapat dicontoh oleh warga lainnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement