Friday, 10 Safar 1443 / 17 September 2021

Friday, 10 Safar 1443 / 17 September 2021

Warga Enam Desa di Cilacap Kesulitan Air Bersih

Ahad 23 May 2021 15:40 WIB

Rep: eko widiyatno/ Red: Hiru Muhammad

Rumah Zakat menyalurkan 15 ribu liter air bersih untuk warga desa Jaasari, Kabupaten Cilacap.

Rumah Zakat menyalurkan 15 ribu liter air bersih untuk warga desa Jaasari, Kabupaten Cilacap.

Foto: rumah zakat
Desa yang kesulitan air bersih adalah pelanggan kekeringan

REPUBLIKA.CO.ID, CILACAP--Musim kemarau yang baru berlangsung beberapa pekan, menyebabkan warga enam desa di Kabupaten Cilacap kesulitan mendapatkan air bersih. Untuk itu, BPBD Cilacap sudah mulai menyalurkan air bersih bagi warga desa tersebut.

''Desa-desa yang warganya sudah mengalami kesulitan mendapat air bersih, memang merupakan desa langganan kekeringan. Warga di desa-desa tersebut, merupakan warga yang paling awal mengalami kesulitan air bersih,'' jelas Kepala BPBD Kabupaten Cilacap, Tri Komara Sidhy, Ahad (23/5).

Dia menyebutkan, hingga saat ini pihaknya baru menyalurkan air barsih ke satu desa, . Warga di desa lainnya akan mendapat giliran mendapat bantuan air bersih, karena permohonan permintaan bantuan baru masuk kemarin.

Menurut Tri Komara, desa yang sudah mendapat bantuan air adalah Desa Bojong Kecamatan Kawunganten. Air bersih yang didroping sudang sebanyak empat tangki. Sedangkan desa lain yang permohonan bantuannya baru diterima, terdiri dari Desa Purwodadi dan Rawa Apu di Kecamatan Patimuan, serta Desa  Cinangsi, Cisumur, dan Gintungreja Kecamatan Gandrungmangu.

Menyusul rencana pengiriman air bersih, Tri Komara mengaku sudah meminta warga di masing-masing desa untuk menentukan lokasi droping. ''Ini untuk mempercepat proses distribusi. Kalau bantuan disalurkan dari satu rumah ke rumah lain, waktunya habis di jalan sehingga tidak bisa menjangkau desa lain dalam waktu cepat,'' katanya.

BMKG Stasiun Meterologi Cilacap, sebelumnya telah memperkirakan wilayah Kabupaten Cilacap menjadi wilayah kabupaten yang paling cepat di antara kabupaten wilayah eks Karesidenan Banyumas yang memasuki musim kemarau. Terutama untuk wilayah Kabupaten Cilacap bagian barat. 

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA