Ahad 23 May 2021 15:11 WIB

Warga Sukabumi Kibarkan Bendera Raksasa Palestina

Pemkot Sukabumi sudah momobilisasi infak donasi Palestina ke ASN dan warga

Rep: riga nurul iman/ Red: Hiru Muhammad
Aksi solidaritas warga Sukabumi membela Palestina dengan membentangkan bendera Palestina di Lapangan Merdeka, Ahad (23/5)
Foto: Republika/riga nurul iman
Aksi solidaritas warga Sukabumi membela Palestina dengan membentangkan bendera Palestina di Lapangan Merdeka, Ahad (23/5)

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI--Aksi solidaritas mendukung Palestina terus berlangsung di Kota Sukabumi. Pada Ahad (23/5) berbagai organisasi kemasyarakatan dan ormas Islam serta kepemudaan yang tergabung dalam Aliansi Rakyat Sukabumi Bela Palestina ini menggelar aksi di Lapangan Merdeka Kota Sukabumi.

Dalam aksinya massa membawa bendera raksasa Palestina di tengah lapangan. Peristiwa ini juga dihadiri para ulama dan tokoh masyarakat yang ada di Sukabumi.'' Sesuai dengan komitmen pada pembukaan UUD 1945, masyarakat Sukabumi Raya mengutuk keras tindakan Israel kepada bangsa Palestina,'' ujar Koordinator Lapangan Aksi Budi Lesmana dalam orasinya. Aksi ini juga mengeluarkan petisi Sukabumi Lawan Israel.

Dalam petisi ini disebutkan menyerukan untuk kaum muslimin Indonesia untuk berdoa dan melaksanakan Qunut Nazilah untuk saudara muslim di Palestina. Selain itu menyerukan kepada rakyat Indonesia untuk memboikot segala produk yang berasal dan berafiliasi dengan Israel.

Berikutnya mendesak pemerintah dan DPR untuk mengecam keras atas tindakan biadab brutal yang dilakukan oleh Israel terhadap rakyat dan negara Palestina. Tuntutan lainnya mendesak pemerintah dan DPR untuk mengambil inisiatif mendorong Resolusi ke Dewan Keamanan PBB agar memberikan sanksi terhadap Israel dan memulihkan kedaulatan negara Palestina.

Massa juga mendesak Pemerintah dan DPR untuk mengkonsolidasikan kekuatan dunia Islam dalam melawan penjajahan dan agresi Israel. Terakhir mendesak pemerintah dan DPR untuk membawa masalah agresi Israel ke wilayah Palestina ke Mahkamah Hak Asasi Internasional.

Aksi peduli Palestina ini dengan berupaya menerapkan protokol kesehatan dalam pencegahan penyebaran Covid-19 terutama memakai masker, mencegah kerumunan dan dilakukan rapid antigen. '' Setiap muslim adalah bersaudara dan kita berkomitmen untuk itu serta yakin benar berkumpulnya disini menunjukkan kecintaan kepada saudara yang berada di Palestina,'' ujar Wali Kota Sukabumi, Achmad Fahmi yang didampingi Kapolres Sukabumi Kota AKBP Sumarni dan Dandim 0607 Kota Sukabumi Letkol Inf Danang Prasetyo Wibowo.

Selain itu untuk memperjuangkan kemerdekaan Palestina karena sejalan dengan yang dimanatkan dalam pembukaan UUD 1945 dan sebagaimana presiden pertama Soekarno yang mengamanatkan bangsa Indonesia berdiri terdepan untuk kemerdekaan Palestina.

Wali kota juga menitipkan dua pesan pertama Sukabumi senantasa akan mendukung Palestina dan berjuang untuk kemerdekaan Palestina serta Sukabumi merasa sakit ketika warga Palestina dijajah. Kedua aksi ini juga harus penuh kesantunan, beradab dan memperhatikan protokol kesehatan, dan menggalang dana untuk Palestina.

Oleh karenanya jangan pernah ragu untuk menyumbang warga Palestina. Apalagi ungkap Fahmi, Pemkot Sukabumi sudah memobilisasi infak donasi kepada Palestina ditujukan kepada ASN dan warga secara umum. Sehingga aksi ini terpantau berjalan dengan aman, kondusif dan berupaya menerapkan protokol kesehatan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement