Ahad 23 May 2021 13:35 WIB

Lewandowksi Pecahkan Rekor Gol Milik Gerd Mueller

Lewandowski mencetak 40 gol pada kompetisi Bundesliga musim ini.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Israr Itah
Penyerang Bayern Muenchen Robert Lewandowski.
Foto: AP/Gregorio Borgia
Penyerang Bayern Muenchen Robert Lewandowski.

REPUBLIKA.CO.ID, MUENCHEN -- Striker Bayern Muenchen Robert Lewandowski resmi mencatatkan namanya dengant tinta emas di buku sejarah Bundesliga. Lewandowski menjadi pemain tersubur dalam satu gelaran musim di sepanjang sejarah Bundesliga dengan 41 gol.

Striker berusia 32 tahun itu memecahkan rekor milik penyerang Bayern Muenchen Gerd Mueller yang bertahan selama 49 tahun. Sebelumnya, penyerang asal Jerman itu menjadi pemain tersubur dalam satu musim gelaran Bundesliga saat berhasil mengemas 40 gol pada musim 1971/1972.

Baca Juga

Apabila dibandingkan dengan Mueller, capaian Lewandowski ini terasa lebih istimewa. Pasalnya, Lewandowksi berhasil mencetak 41 gol saat hanya tampil di 29 partai Bundesliga, sementara Mueller mengemas 40 gol kala tampil dalam 34 laga.

Pada Bundesliga musim ini, Lewandowksi hanya gagal mencetak gol dalam empat laga. Selain itu, striker asal Polandia itu berhasil mencetak setidaknya tiga atau empat gol lebih dalam lima pertandingan.

Lewandowksi menorehkan gol ke-41 di pentas Bundesliga musim ini kala menyumbang satu gol saat Muenchen membungkan Augsburg 5-1, pada laga pamungkas Bundesliga musim ini, Sabtu (22/5) malam WIB. Lewandowksi kokoh di posisi teratas daftar pencetak gol terbanyak Bundesliga pada musim ini, jauh meninggalkan penyerang Einctracht Frankfurt Andre Silva yang duduk di peringkat kedua dengan koleksi 28 gol.

Lewandowksi pun dinobatkan sebagai top skorer Bundesliga musim ini. Ia berhasil mempertahakan gelar top skorer Bundsliga selama empat musim beruntun. Total, Lewandowksi telah mengemas tujuh gelar top skorer Bundesliga.

Lewandowski menegaskan, keberhasilannya memecahkan rekor Mueller dalam torehan gol terbanyak di satu musim Bundesliga tidak terlepas dari kontribusi rekan-rekan setimnya. ''Terima kasih untuk rekan-rekan setim dan semua pihak di tim ini. Mereka ikut bertanggung jawab atas rekor ini. Mereka selalu mencari saya agar saya bisa mencetak gol di laga ini,'' tutur eks striker Borussia Dortmund itu seusai laga seperti dilansir laman resmi klub, Ahad (23/5).

Torehan gol ke-41 Lewandowski ini memang terasa begitu unik. Pasalnya, selama 90 menit laga, Lewandowski selalu gagal menembus jala gawang Augsburg. Kesempatan itu baru terjadi pada injury time. Lewandowski berhasil memanfaatkan bola rebound halauan kiper Augstburg terhadap tendangan jarak jauh Leroy Sane. Bisa dibilang, Lewandowksi mencetak gol ke-41 dalam serangan terakhir dan tendangan terakhir di pentas Bundesliga musim ini.

''Saya terus berusaha hingga 90 menit, tapi tidak membuahkan hasil. Kemudian, akhirnya saya bisa mencetak gol dengan tendangan terakhir di laga ini. Rasanya benar-benar seperti cerita fiksi-ilmiah,'' tutur striker timnas Polandia tersebut. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement