Friday, 17 Safar 1443 / 24 September 2021

Friday, 17 Safar 1443 / 24 September 2021

Lewandowski Pecahkan Rekor 49 Tahun Milik Gerd Mueller

Ahad 23 May 2021 08:53 WIB

Rep: Fitriyanto/ Red: Endro Yuwanto

Striker Bayern Muenchen Robert Lewandowski.

Striker Bayern Muenchen Robert Lewandowski.

Foto: AP/Gregorio Borgia
Lewandowski mencetak 41 gol untuk Muenchen dalam semusim di Bundesliga Jerman.

REPUBLIKA.CO.ID, MUENCHEN -- Striker Bayern Muenchen Robert Lewandowski memecahkan rekor pencetak gol terbanyak Bundesliga Jerman dalam semusim yang berusia 49 tahun milik Gerd Mueller pada Sabtu (22/3). Ia mencetak gol untuk ke-41 kalinya di menit terakhir pada pertandingan penutup. Muenchen menang 5-2 atas Augsburg.

Lewandowski, striker asal Polandia, sudah berada di urutan kedua dalam daftar pencetak gol sepanjang masa di Bundesliga dengan 277 gol, di belakang Mueller yang mengoleksi 365 gol. Mueller mencetak rekor sebelumnya dengan 40 gol pada musim 1971/1972, yang kini dilewati Lewandowski.

Lewandowski kehilangan lebih dari setengah lusin peluang mencetak gol dalam laga itu dan tampaknya akan kehilangan rekor tersebut. Sementara, Augsburg bertekad untuk tidak membiarkan Lewandowski menambah catatan gol dan merebut rekor itu dari Mueller. Apalagi Mueller diidolakan oleh pelatih Augsburg, Markus Weinzierl, di masa mudanya.

Tapi takdir tidak bisa ditolak dan di menit terakhir, ketika kiper Rafal Gikiewicz mementahkan tembakan Leroy Sane, Lewandowski kemudian menyambar bola muntah dan melanjutkan ke gawang untuk mencetak gol. Lewandowski pun melakukan selebrasi dengan melepas kaosnya.

Pelatih Muenchen Hansi Flick dan beberapa pemain senior, Javi Martinez, David Alaba, dan Jerome Boateng, mengucapkan selamat tinggal kepada klub, usai laga. Itu adalah sore yang emosional bagi Muenchen dan 250 pendukung undangan di arena berkapasitas 75 ribu tempat duduk.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA