Ahad 23 May 2021 08:24 WIB

Trik Santap 5 Porsi Buah dan Sayur Sehari Ala Jamie Oliver

Menyantap lima porsi buah dan sayur per hari penting jaga kesehatan tubuh.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Nora Azizah
Menyantap lima porsi buah dan sayur per hari penting jaga kesehatan tubuh.
Foto: www.freepik.com
Menyantap lima porsi buah dan sayur per hari penting jaga kesehatan tubuh.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menyantap lima porsi buah dan sayur per hari merupakan salah satu kunci penting dalam menjaga kesehatan tubuh. Meski terdengar sederhana, masih banyak orang yang belum bisa mempraktikkannya dalam keseharian.

Di Indonesia misalnya, Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2018 menunjukkan bahwa 95,4 persen masyarakat Indonesia masih kurang dalam mengonsumsi buah dan sayuran. Sedangkan di Inggris, hanya satu dari 10 orang dewasa yang mengonsumsi sayur satu kali per pekan.

Baca Juga

Tak hanya orang dewasa, anak-anak pun seringkali sulit menyantap buah dan sayur secara rutin. Terlebih bila tak dibiasakan sejak dini.

Duta Kesehatan Tesco Chef Jamie Oliver memiliki pengaturan pola makan sederhana yang bisa membantu orang dewasa hingga anak-anak agar terbiasa menyantap lima porsi buah dan sayur setiap hari. Berikut ini adalah inspirasi pengaturan pola makan kaya buah dan sayur ala Chef Jamie, seperti dilansir Independent, Ahad (23/5).

 

Sarapan

Salah satu menu sarapan yang direkomendasikan Chef Jamie adalah telur goreng dengan campuran segenggam jamur iris dan setengah potong tomat goreng. Olahan ini cocok disajikan dengan tortilla hangat dan jalapeno iris.

Menu lain yang juga direkomendasikan Chef Jamie adalah overnight oats. Untuk membuatnya, parut sabuah apel atau pir terlebih dahulu. Setelah itu, tambahkan 50 gram bubur oat, 30 gram buah kering, dan 200 ml susu. Masukkan ke dalam wadah tertutup dan simpan semalaman di kulkas sebelum dikonsumsi sebagai menu sarapan.

 

Makan Siang

Chef Jamie merekomendasikan salad sebagai menu makan siang. Sajian salad ini bisa terdiri dari beragam sayur yang disukai, seperti wortel dan mentimun yang dicampurkan dengan minyak zaitun extra virgin dan irisan buah sitrus.

Penggemar kacang polong juga bisa membuat olahan yang beragam untuk makan siang. Misalnya, membuat roti panggang dengan kacang polong dan beberapa rempah, minyak sehat, dan keju feta.

 

Makan Malam

Salah satu menu makan malam yang direkomendasikan Chef Jamie adalah olahan ubi. Untuk membuatnya, masak terlebih dahulu ubi di dalam microwave selama 19 menit hingga lembut. Setelah itu, potong dan haluskan hingga menjadi fajita atau quesadilla.

Chef Jamie mengungkapkan sajian pizza yang kaya sayur juga cocok menjadi menu makan malam. Untuk membuatnya, roti pizza bisa diberi topping berupa saus tomat yang sudah dicampur dengan bawang putih, jamur panggang, dan keju mozzarella.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement