Ahad 23 May 2021 02:40 WIB

Total 100 Pendaki di Gunung Everest Positif Covid-19

Pemerintah setempat melakukan upaya pencegahan Covid-19

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Nashih Nashrullah
Pemerintah setempat melakukan upaya pencegahan Covid-19. Pendaki gunung Everest
Foto: Foxnews
Pemerintah setempat melakukan upaya pencegahan Covid-19. Pendaki gunung Everest

REPUBLIKA.CO.ID, KATHMANDU – Wabah virus corona di Gunung Everest telah menginfeksi setidaknya 100 pendaki dan staf pendukung.

Jumlah tersebut disampaikan oleh seorang pendaki, pada Sabtu (22/5), yang memberikan perkiraan komprehensif pertama di tengah penolakan resmi Nepal terhadap cluster Covid-19 di puncak tertinggi dunia.

Baca Juga

Lukas Furtenbach dari Austria, yang pekan lalu menjadi satu-satunya penjual pakaian eceran terkemuka yang menghentikan ekspedisinya di Everest karena kekhawatiran virus, mengatakan salah satu pemandu asingnya dan enam pemandu Sherpa Nepal telah dinyatakan positif. 

"Saya pikir dengan semua kasus yang dikonfirmasi yang kami ketahui sekarang, dikonfirmasi dari (penyelamat) pilot, dari asuransi, dari dokter, dari pemimpin ekspedisi, saya memiliki hasil-hasil tes positif sehingga kami dapat membuktikan ini," kata Furtenbach di Ibu Kota Nepal, Kathmandu, dilansir di Euronews, Sabtu (22/5). 

"Kami memiliki minimal 100 orang positif Covid-19 di base camp, dan kemudian jumlahnya mungkin sekitar 150 atau 200," katanya. 

Dia mengatakan jelas ada banyak kasus di base camp Everest karena dia bisa melihat orang-orang sakit, dan bisa mendengar orang batuk di tenda mereka. 

Sebanyak 408 pendaki asing diberikan izin untuk mendaki Everest musim ini, dibantu oleh beberapa ratus pemandu Sherpa dan staf pendukung yang telah ditempatkan di base camp sejak April.

Pejabat pendaki gunung Nepal membantah ada kasus aktif musim ini di antara pendaki dan staf pendukung di semua base camp untuk pegunungan Himalaya di negara itu. Pendakian gunung ditutup tahun lalu karena pandemi. 

Tim pendaki lain belum mengumumkan infeksi Covid-19 di antara anggota atau staf mereka. Beberapa pendaki melaporkan hasil tes positif setelah mereka dijatuhkan dari base camp Everest.

Furtenbach mengatakan sebagian besar tim di gunung itu tidak membawa alat penguji virus, dan sebelum timnya mundur, mereka telah membantu melakukan tes dan telah mengonfirmasi dua kasus. 

"Sebagian besar tim masih berada di base camp, berharap cuaca cerah minggu depan sehingga mereka dapat melakukan dorongan terakhir ke puncak sebelum musim pendakian ditutup pada akhir bulan," kata Furtenbach. 

Pada akhir April, seorang pendaki Norwegia menjadi orang pertama yang dinyatakan positif di base camp Everest.  Dia diterbangkan dengan helikopter ke Kathmandu, di mana dia dirawat dan kemudian kembali ke rumah. 

Nepal sedang mengalami lonjakan virus, dengan rekor jumlah infeksi dan kematian baru. China pekan lalu membatalkan pendakian dari sisi Gunung Everest karena khawatir virus itu dapat menyebar dari sisi Nepal. 

Nepal melaporkan 8.607 infeksi baru dan 177 kematian pada hari Jumat, menjadikan total lebih dari 497 ribu infeksi dan 6.024 kematian sejak dimulainya pandemi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement